POSYANDU KELUARGA DESA DASAN LEKONG

MERPATI
Dipublikasi pada 24 July 2023

Deskripsi

Pengukuran tinggi adalah salah satu kegiatan yang dilakukan di Posyandu. Posyandu sendiri merupakan sebuah pos pelayanan kesehatan dasar yang berfungsi untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat terutama ibu hamil dan anak-anak.


Pengukuran tinggi pada anak dilakukan setiap bulan dengan tujuan untuk memantau pertumbuhan anak dan mengetahui apakah anak memiliki masalah pertumbuhan atau tidak. Kegiatan ini dilakukan oleh petugas kesehatan yang terlatih, seperti bidan atau kader posyandu.


Pada kegiatan pengukuran tinggi, anak-anak akan diukur tinggi badannya dengan menggunakan alat pengukur tinggi badan yang disebut stadiometer. Kemudian hasil pengukuran tersebut akan dicatat pada buku catatan kesehatan anak atau KMS yang dibawa setiap kali berkunjung ke Posyandu.


Setelah pengukuran tinggi dilakukan, petugas kesehatan akan memberikan informasi tentang pertumbuhan anak dan memberikan saran tentang pencegahan stunting, contohnya dengan memberikan informasi tentang asupan gizi yang seimbang dan berkualitas untuk anak yang sedang tumbuh kembang.


Melalui kegiatan pengukuran tinggi di Posyandu ini, diharapkan dapat terdeteksi dini masalah pertumbuhan pada anak dan masyarakat dapat lebih peka terhadap pentingnya pemantauan pertumbuhan anak serta memperoleh informasi tentang kesehatan anak yang dibutuhkan untuk tumbuh sehat dan berkualitas.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan