POSYANDU KELUARGA

MERPATI
Dipublikasi pada 07 October 2023

Deskripsi

Tujuan posyandu keluarga adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga melalui pelayanan kesehatan dan sosial yang terpadu. Hal-hal yang menjadi fokus dalam posyandu keluarga antara lain:


1. Pencegahan penyakit dan promosi kesehatan


Posyandu keluarga bertujuan untuk mencegah penyakit dan mempromosikan kesehatan melalui peningkatan pengetahuan dan perilaku hidup sehat, seperti gaya hidup sehat, pola makan yang baik, dan aktivitas fisik yang cukup.


2. Pemberian dukungan pada keluarga


Posyandu keluarga juga bertujuan untuk memberikan dukungan pada keluarga, khususnya bagi ibu hamil, ibu menyusui, balita, dan anak-anak. Pelayanan ini termasuk pemberian imunisasi, penilaian dan pemantauan tumbuh kembang anak, serta konseling tentang perawatan dan nutrisi yang baik.


3. Peningkatan akses pelayanan kesehatan


Posyandu keluarga juga bertujuan untuk meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan medis dasar dan layanan sosial lainnya. Dengan demikian, keluarga dapat memperoleh solusi atas masalah atau tantangan kesehatan yang mereka hadapi.


4. Peningkatan partisipasi masyarakat


Posyandu keluarga juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan keluarga. Melalui posyandu keluarga, masyarakat dapat terlibat secara aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan