PERINGATAN MAULID DESA DASAN LEKONG

MERPATI
Dipublikasi pada 08 October 2023

Deskripsi

Peringatan Maulid Nabi adalah upacara atau kegiatan yang dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan ini diadakan oleh umat Muslim di seluruh dunia pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Islam.


Namun, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai peringatan Maulid Nabi ini. Ada yang memandang bahwa peringatan ini adalah suatu bid'ah atau hal baru yang tidak ada dalam agama Islam dan tidak dianjurkan atau bahkan dilarang untuk dilakukan. Sebaliknya, ada juga yang memandang bahwa peringatan ini tidaklah merusak agama, asal dilakukan dengan cara-cara yang baik dan tidak menyalahi syari'at Islam.


Bagi umat Muslim yang merayakan Maulid Nabi, kegiatan yang dilakukan dapat berupa ceramah keagamaan, bacaan shalawat, pembacaan ayat-ayat suci Quran, pemberian santunan dan bantuan sosial, serta acara- acara yang menghibur.


Namun, perlu diingat bahwa peringatan Maulid Nabi hanya sebagai penghormatan terhadap Nabi Muhammad SAW. Sebagai umat Muslim, kita harus tetap mengikuti ajaran-ajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan memperbanyak amalan-amalan yang dianjurkan dalam Islam seperti shalat, zikir, sedekah, puasa, dan haji.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan