pembinaan poktan BKL

MAWAR
Dipublikasi pada 23 June 2024

Deskripsi

7 Dimensi Lansia Tangguh

Berikut tujuh dimensi itu:

1. Dimensi Spiritual

Menurut Sudibyo, dengan memahami dan menguasai dimensi ini, para lansia bisa belajar untuk menerima keadaan bahwa ia mengalami perubahan fisik dan psikis saat menjadi lansia.

Dimensi spiritual bisa diperkuat dengan mendekatkan diri dalam kegiatan rohani. “Dengan begitu, lansia bisa lebih tawakal dan lebih wise,” kata Sudibyo saat dihubungi 14 Juni 2018.

2. Dimensi Intelektual

Salah satu dari 7 dimensi yaitu dimensi intelektual. Sudibyo mengatakan penting sekali para lansia bisa dilatih unsur intelektual mereka. Salah satu caranya adalah dengan mengisi teka teki silang, bermain catur, atau bahkan mengajak bermain kartu remi.

“Kegiatan sederhana itu bisa bantu agar kemampuan otak lansia tidak menurun, karena mereka terus diajak berpikir. Dengan kegiatan itu, otak lansia jadi aktif terus,” katanya

3. Dimensi Hobi

Mengembangkan hobi sangat penting untuk dilakukan para lansia. Sudibyo mengatakan melakukan kegiatan hobi bisa membantu masyarakat lansia tetap gembira dan hal itu bisa mengurangi berbagai penyakit psikis yang bisa dialami masyarakat lansia.

4. Dimensi Kesehatan Fisik

Para lansia biasanya sudah mengalami penurunan kesehatan fisik. Untuk itu Sudibyo menyarankan untuk selalu mengajak para lansia tetap beraktivitas fisik.

Para keluarga bisa mengajak lansia untuk bergerak minimal berjalan dengan berkala. Dengan bergerak, tubuh lansia bisa terus terlatih.

5. Dimensi Vokasional

Menurut Sudibyo, para lansia biasanya memiliki keahlian masing-masing. Ada yang ahli membuat anyaman, ada yang ahli menulis atau mengajar. Dengan mengembangkan keahlian, para lansia akan merasa tetap berguna sehingga merasa bangga dengan tetap eksis atas keahliannya di masyarakat

6. Dimensi Sosial

Lansia cenderung menyendiri. Dengan mengembangkan dimensi sosial, maka lansia bisa bergaul dan memiliki banyak teman seusianya. “Jadi kalau lansia mau reuni, atau arisan, biarkan saja. Kalau dilarang dan diomelin melulu, mereka bisa merasa terpuruk,” katanya

7. Dimensi Lingkungan

Dimensi terakhir dari 7 dimensi lansia tangguh adalah dimensi lingkungan. Menurut Sudibyo, penting sekali memiliki lingkungan yang ramah lansia. Ada beberapa lansia yang memiliki keterbatasan fisik sehingga mereka membutuhkan beberapa alat bantu dalam bergerak.

Misalnya, bagi lansia yang mengenakan kursi roda perlu diberikan jalan yang tidak bertangga. Contoh lain, di toilet rumah, bisa ditambah pegangan karena dikhawatirkan para lansia memerlukannya untuk menyangga tubuh.

Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan