Kegiatan BIMTEK Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa

KPKBSIAKIN
Dipublikasi pada 12 June 2024

Deskripsi

Kasi Pelayanan I Wayan Sudana mengadakan Kegiatan Bimtek Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa bertempat di Jaba Pura Dalem Suci Desa Siakin. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Bangli sebagai pembina pelatihan, Bapak Babinsa, Sekretaris Desa, serta masyarakat/petani yang kurang mampu.

Sang Ketut Sukarma, S.P, M.Si sebagai pembina pertama menyampaikan bahwa hal yang paling penting dilakukan sebelum bercocok tanam adalah membuat tanah sebagai media tanam menjadi subur. Untuk menyuburkan tanah dilakukan dengan cara membuat pupuk MPK sendiri dari bahan-bahan organik yang ada di lingkungan sekitar. Kemudian pelatihan dilanjutkan oleh tim yang lain dari PP Kecamatan yaitu Bapak I Wayan Sudirta dengan menjelaskan cara membuat insektisida dari bahan-bahan alami. Kegiatan Bimtek tersebut berjalan lancar dan masyarakat yang mengikuti merasa mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk diterapkan dalam dunia pertanian sehingga dengan belajar membuat pupuk MPK berbahan organik diharapkan dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia yang tidak baik penggunaannya dalam jangka waktu panjang.

Setelah seluruh sesi kegiatan pelatihan dilakukan, panitia pelaksana kegiatan Bimtek Ketahanan Pangan menyerahkan bantuan berupa Pupuk ZA dan bibit tanaman buncis kepada warga masyarakat yang telah hadir dalam acara tersebut.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan