Pelatihan dan Pembinaan Kampung KB dan Rumah Dataku

KARANGAN PUTIH
Dipublikasi pada 30 November 2020

Deskripsi

Pelatihan dan Pembinaann Kampung KB dan Rumah dataku dilaksanakan oleh Penyuluh KB Pembina Wilayah Desa Karangan Putih. Kegiatan Pelatihan dan pembinaan dimaksudkan dalam rangka membuat Rumah Dataku di Kampung KB Desa Karangan Putih dan pembentukan pengurus Rumah Dataku. Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga sebagai kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi  kependudukan di tingkat mikro menjadi krusial peranannya untuk memenuhi   kebutuhan tersebut. Oleh sebab itu, keberadaan Rumah Data  Kependudukan dan Informasi Keluarga penting untuk didirikan di seluruh   desa untuk memasok kebutuhan-kebutuhan data yang akan digunakan   dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan.

Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga adalah kelompok kegiatan (Poktan) masyarakat yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, verifikasi, analisis, penyajian serta pemanfaatan data kependudukan dan keluarga serta pembangunan di tingkat desa/kelurahan . 

stakeholder dan mitra Rumah dataku tingkat desa/kelurahan yaitu Pemerintah Desa, PKB, Penyuluh Pertanian , Pendamping PKH , Kader PAUD, Posyandu, Posbindu, Pengelola data lainnya . 

Keberadaan rumah dataku sangan penting di tingkat desa sebagai Pusat data kependudukan dan informasi keluarga di level desa/kelurahan , Penyedia data basis bagi intervensi permasalahan kependudukan, KB, pembangunan keluarga serta pembangunan sektor lain , Instrumen pendidikan kependudukan dan keluarga bagi masyarakat , Pusat Integrasi aktivitas kampung KB .

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada