|
a. |
Batas Wilayah Gampong |
|
|
|
- |
Sebelah Utara
berbatasan dengan Gampong Babah Ie; |
|
|
|
- |
Sebelah Selatan berbatasan dengan Gampong Baro; |
|
|
|
- |
Sebelah Timur
berbatasan dengan Gampong Jambo Masi; |
|
|
- |
Sebelah Barat
berbatasan dengan Relokasi Gampong Ujong Sudeun. |
|
|
b. |
Nama – Nama Dusun |
|
|
|
- |
Dusun Bineh Blang |
|
|
|
- |
Dusun Bineh Krueng |
|
|
|
- |
Dusun Gampong Baro |
|
|
c. |
Orbitrasi (Jarak Dari Pusat Pemerintahan
Gampong) |
|
|
|
- |
Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan |
|
: |
8 |
Km |
|
|
|
|
- |
Jarak dari Ibu Kota
Kabupaten |
|
|
|
: |
78 |
Km |
|
|
|
|
- |
Jarak dari Ibu Kota
Provinsi |
|
|
|
|
: |
80 |
Km |
|
|
|
|
- |
Jarak dari SPBU |
|
|
|
|
|
|
: |
9 |
Km |
|
|
|
|
- |
Jarak dengan Pasar
terdekat |
|
|
|
|
: |
8 |
Km |
|
|
|
|
- |
Jarak dengan RSU |
|
|
|
|
|
: |
5 |
Km |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.2 |
Kondisi Sosial kemasyarakatan |
|
|
Berdasarkan Data
Administrasi Pemerintah Gampong Krueng Tunong, jumlah penduduk yang tercatat
secara administrasi adalah sebanyak 193 Kepala Keluarga (KK). Keseluruhan
jumlah penduduk sebanyak 581 jiwa. Dengan rincian penduduk berjenis kelamin
laki-laki berjumlah 318 jiwa dan berjenis kelamin perempuan berjumlah 263
jiwa. Berkaitan dengan data jumlah penduduk dapat dilihat pada Tabel 3
berikut ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Penduduk Gampong Krueng Tunong Berdasarkan Jenis
Kelamin |
|
No |
Jenis Kelamin |
Jumlah |
Prosentase |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Laki-Laki |
|
|
|
|
|
|
318 |
|
|
55 |
|
|
|
|
2 |
Perempuan |
|
|
|
|
|
263 |
|
|
45 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
581 |
|
|
100 |
|
|
|
|
Sumber : Buku Induk Kependudukan Gampong Krueng
Tunong 2017. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel di atas
memberikan gambaran bahwa komposisi penduduk laki-laki dan perempuan dapat
dikatakan sebanding dengan perbedaan yang tidak signifikan. Tatanan kehidupan
masyarakat sangat kental dengan sikap solidaritas sesama, dimana
kegiatan-kegiatan yang berbaur sosial kemasyarakatan sangat berjalan dan
dipelihara hal ini terjadi karena adanya ikatan emosional keagamaan yang
sangat kuat antara sesama masyarakat dimana dalam agama Islam memang sangat
di tekankan untuk saling berkasih sayang, membantu meringankan beban
saudaranya dan dituntut pula untuk membina dan memelihara hubungan ukhwah
Islamiah antar sesama. Atas landasan inilah sehingga tumbuhnya motivasi
masyarakat untuk saling melakukan ineraksi dengan baik. Sayangnya pasca
Tsunami kondisi ini berubah drastis dan saat ini secara perlahan-perlahan
mulai pulih meskipun tidak sama seperti sebelum Tsunami. |
|
Masyarakat Gampong
Krueng Tunong pada umunya juga sangat berpartisipasi dalam kegiatan sosial
seperti gotong royong membersihkan mesjid, jalan dan yang bersifat
silaturrahmi seperti hajatan, khanduri takhziah dan lain-lain. Dalam kegiatan
keagamaan seperti, mengadakan Wirid Yasin yang dilakukan setiap hari Jum’at,
Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mi’raj, pesta perkawinan, masyarakat gampong
saling tolong-menolong dalam proses
pelaksanaan kegiatannya. |
|
2.2.3 |
Keadaan Ekonomi |
|
|
|
Penduduk Gampong
Krueng Tunong memiliki banyak sektor usaha untuk menunjang perekonomiannya
antara lain ; usaha warung kopi, usaha peternakan, usaha menjahit, usaha kue
basah/kering, pertukangan, lahan pertanian. perikanan dan lain-lain. |
|
|
Namun terkadang
masyarakat juga memiliki mata pencaharian variatif/ ganda, hal ini desebabkan
oleh faktor kesempatan kerja, apabila sedang ada peluang bekerja di proyek
bangunan mereka menjadi tukang atau buruh jika tidak ada mereka beralih
kepada usaha pertanian dan juga faktor ketergantung pada musim yang sedang
berjalan, para petani diluar musim tanam juga pergi berkebun. Untuk lebih
jelasnya tentang mata pencaharian penduduk dapat di lihat pada Tabel berikut
ini. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel Jumlah Penduduk
Menurut Mata Pencaharian Tahun 2018. |
|
|
|
No |
Jenis Pekerjaan |
Jumlah |
Prosentase |
|
|
|
1 |
Petani / Pekebun |
|
|
|
|
45 |
|
|
32 |
|
|
|
|
2 |
Buruh Tani |
|
|
|
|
|
56 |
|
|
40 |
|
|
|
|
3 |
PNS / POLRI |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
3,5 |
|
|
|
|
4 |
Pedagang |
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
7,8 |
|
|
|
|
5 |
Tukang |
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
8,5 |
|
|
|
|
6 |
Guru |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
1,4 |
|
|
|
|
7 |
Bidan / Perawat |
|
|
|
|
|
1 |
|
|
0,7 |
|
|
|
|
8 |
Supir/ Anggkutan |
|
|
|
|
2 |
|
|
1,4 |
|
|
|
|
9 |
Swasta |
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
141 |
|
|
100 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dengan demikian dari
data tersebut menunjukkan bahwa warga masyarakat di Gampong Krueng Tunong
memiliki alternatif pekerjaan selain sektor pertanian dan perkebunan.
Setidaknya karena kondisi lahan pertanian mereka sangat tergantung dengan
curah hujan alami. Di sisi lain, air irigasi yang ada, tidak dapat mencukupi
untuk kebutuhan lahan pertanian di Gampong Krueng Tunong secara keseluruhan
terutama ketika musim kemarau. Sehingga mereka pun dituntut untuk mencari
alternatif pekerjaan lain. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.4 |
Struktur Pemerintahan Gampong Krueng Tunong |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GEUTJHIK |
|
|
|
|
|
D A R W I N |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SEKRETARIS GAMPONG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TGK. AWIDAR |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kasie
Pemerintahan |
|
Kasie Kesejahteraan dan Pelayanan |
|
|
Kaur Keuangan |
|
Kaur Umum & Perencanaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
Marhaban |
|
M. Daud |
|
|
Abdul Wahab |
|
Harmaini |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Duson Taman Bineh Blang |
|
|
Duson Bineh Krueng |
|
|
Duson Gp. Baro |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sofyan AD |
|
|
Jailani |
|
|
M. Nur |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TUHA PEUT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Muhammad Abd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sekretaris |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jamaluddin
Hasan |
|
|
|
|
|
|
|
Anggota |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Adan Mahmud |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tgk.
Abdul Wahab |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hamdani |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nurunnah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nurjannah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3. |
Masalah/isu Staregis yang dihadapi Gampong. |
|
|
Berdasarkan gambaran
umum di atas, dapat di rumuskan
isu-isu strategis dalam pelaksanaan pembangunan Gampong Krueng Tunong dalam
kurun waktu enam tahun kedepan yang di katagorikan dalam tiga aspek yaitu: |
|
1. |
Aspek Kesejahteraan
masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat gampong,
sejumlah isu yang ditetapkan masuk aspek kesejahteraan rakyat sebagai
berikut: |
|
|
a). |
Pertumbuhan ekonomi
gampong yang belum optimal. |
|
|
|
b). |
Angka kemiskinan masih tinggi. |
|
|
|
c). |
Relatif tingginya angka pengangguran. |
|
|
|
d). |
Angka buta huruf masih ada. |
|
|
|
e). |
Masih rendahnya rata-rata lama sekolah. |
|
|
|
f). |
Usia harapan hidup masih rendah. |
|
|
1. |
Aspek Pelayanan Umum
dalam rangka berupa memperbaiki pelayanan umum sebagai tugas utama
penyelenggaraan pemerintahan, dapat di uraikan beberapa isu di bawah ini: |
|
|
a) |
Penegakkan Qanun
Gampong belum optimal. |
|
|
|
b) |
Pelaksanaan tugas
pemerintahan yang bersih dan baik belum optimal. |
|
|
|
c) |
Penyelenggara administrasi pelayanan publik masih
belum optimal. |
|
|
|
d) |
Masih kurangnya target pencapaian di Posyandu. |
|
|
|
e) |
Masih tingginya kasus kematian ibu. |
|
|
|
f) |
Masih terdapatnya prevalensi kurang gizi. |
|
|
|
g) |
Masih rendahnya minat baca dan belum adanya
Perpustakaan Gampong. |
|
|
|
i) |
Rumah tangga yang menggunakan air bersih masih
rendah. |
|
|
|
j) |
Rumah tangga yang menggunakan listrik masih rendah. |
|
|
|
k) |
Penyedian jaringan irigasi belum optimal. |
|
|
|
l) |
Rumah tangga dengan sanitasi layak masih rendah. |
|
|
|
m) |
Pencemaran kualitas air sungai masih tinggi. |
|
|
|
n) |
Konservasi sumber mata air belum optimal. |
|
|
|
|
o) |
Pengelolaan sampah belum optimal. |
|
|
3. |
Aspek daya saing
sebagai ikhtiar Pemerintah Gampong dalam meningkatkan daya saing, beberapa
isu yang perlu mendapatkan perhatian sebagai berikut: |
|
|
a) |
Peningkatan Pendapatan Asli Gampong belum optimal |
|
|
|
b) |
Nilai investasi gampong masih rendah |
|
|
|
c) |
Rendahnya pertumbuhan pengrajin/industri kecil |
|
|
|
d) |
Kemantapan jalan belum optimal. |
|
|
4. |
Pemanfaatan tata
ruang gampong yang belum terlaksana dengan baik, isu strategis yang di hadapi
oleh Gampong Krueng Tunong ke depan dapat di simpulkan sebagai berikut: |
|
|
a) |
Kualitas Pendidikan, Kesehatan dan aktualisasi
budaya. |
|
|
|
b) |
Pemerataan infrastruktur wilayah. |
|
|
|
c) |
Angka kemiskinan dan masalah sosial. |
|
|
|
d) |
Reformasi birokrasi dan penegakan hukum. |
|
|
|
e) |
Peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan gampong. |
|
|
|
f) |
Pemanfaatan sumber daya alam dan pelestarian
lingkungan hidup. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB III |
|
|
VISI DAN MISI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. |
VISI |
|
|
|
Berdasarkan data
kondisi umum wilayah Gampong Krueng Tunong Kecamatan Jaya, maka Motto Gampong
Krueng Tunong adalah Kebersamaan dalam Membangun Gampong
yang Lebih Maju dengan visi Gampong Krueng Tunong
Kecamatan Jaya dirumuskan sebagai berikut : |
|
|
“Terwujudnya
Masyarakat Gampong Krueng Tunong yang Sejahtera, Kemandirian Ekonomi serta
Terciptanya Pemerintahan Gampong yang Bersih, Akuntabilitas dan
Bertanggungjawab”. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
MISI |
|
|
Dalam rangka mencapai
Visi tersebut diatas, dirumuskan sejumlah Misi sebagai berikut : |
|
1. |
Menyelenggarakan
Pemerintahan Gampong yang bersih, demokratis dan terbebas dari korupsi,
kolusi dan nepotisme (KKN). |
|
2. |
Mengembangkan
perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan potensi gampong. |
|
3. |
Mewujudkan gampong
sebagai kawasan pettanian, holtikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan
air tawar yang ramah lingkungan. |
|
4. |
Meningkatkan
pelayanan masyarakat yang prima, mudah dan terjangkau. |
|
5. |
Meningkatkan
pelaksanaan syariat Islam, hokum adat, pelestarian adat dan budaya sesuai
tuntutan Syariat Islam. |
|
6. |
Mewujudkan tata
pengelolaan Barang Milik Gampong (BMG) dan pengaman secara fisik,
administrasi dan hukum. |
|
7. |
Meningkatkan
partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian
pembangunan. |
|
8. |
Meningkatkan
pengelolaan keuangan gampong yang transparan, akuntabel dan efesien. |
|
9. |
Meningkatkan sumber
daya aparatur pemerintahan gampong yang professional dan berahklak mulia. |
|
10. |
Meningkatkan
ketertibabn dan keamanan gampong untuk terwujudnya ketentraman dan kedamaian
hidup masyarakat. |
|
11. |
Melaksanakan
pembangunan gampong berazaskan musyawarah, kerjasama dan kegotongroyongan. |
|
12. |
Memberdyakan status
sosial terhadap masyarakat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB IV |
|
|
TUJUAN DAN SASARAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1. Tujuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dalam rangka
mewujudkan visi–misi sebagaimana telah dirumuskan diatas, maka tujuan yang
ingin dicapai dalam kurun waktu 6 (enam) tahun mendatang atau Periode :
2018–2023 adalah sebagai berikut : |
|
1. |
Terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya
manusia dan kehidupan beragama. |
|
2. |
Terbangunnya
perekonomian daerah berbasis potensi lokal yang berdaya saing. |
|
3. |
Meningkatnya pembangunan prasarana dan sarana
Gampong |
|
|
4. |
Termanfaatkannya dan
terkelolanya sumberdaya alam berbasis kelestarian lingkungan hidup. |
|
5. |
Terciptanya sistem
pemerintahan yang baik dan demokratis. |
|
|
6. |
Terciptanya masyarakat yang aman dan tentram. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2. Sasaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Adapun sasaran yang
ingin dicapai selama Pemerintahan Gampong Krueng Tunong untuk Periode: 2018
–2023 adalah sebagai berikut : |
|
1. |
Meningkatnya
pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pengetahuan agama sehingga
terwujud masyarakat yang berkarakter agamis, berbudaya, berakhlak mulia, dan
bermoral berdasarkan falsafah pancasila. |
|
2. |
Meningkatkan
pembangunan dan pemeliharaan sarana prasarana perekonomian Gampong, serta
terbangun dan mantapnya jaringan infrastuktur yang andal guna meningkatkan
mobilitas perekonomian. |
|
3. |
Meningkatkan optimalisasi kesehatan masyarakat. |
|
|
4. |
Meningkatkan taraf pendidikan. |
|
|
5. |
Meningkatkan
prmbangunan ekonomi dengan mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya
pembangunan dibidang pertanian, industri, perdagangan dan pariwisata. |
|
6. |
Mengupayakan
pelestarian sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dan pemerataan
pembangunan guna meningkatkan perekonomian. |
|
7. |
Menciptakan tata
kelola pemerintahan yang baik (good govermance) berdasarkan demokratisasi,
transparansi, penegakan hukum, berkeadilan, kesetaraan gender, dan
mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB V |
|
|
STRATEGI PEMBANGUNAN GAMPONG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.1 |
Permasalahan Pembangunan
Gampong |
|
|
|
|
|
|
|
Gampong Krueng Tunong
telah memperoleh sejumlah kemajuan dalam mensejahterakan masyaraakatnya
melalui program pembangunan yang tearah, terencana, sistematis dan sinergis.
Indaktor pengentasan kemiskinan sebagai salah satu ukuran kesejahteraan
masyarakat gampong. Permasalahan pembangunan yang masih dihadapi oleh
masyarakat secara umum adalah bagaimana membangunan masyarakat yang mandiri
dan sejahtera melalui pendidikan dan kesehatan, bagaimana mewujudkan
masyarakat yang sejahtera dengan pemabangunan infrastrukur wilayah secara
merata, mengurangi tingkat kemiskinan, melakukan reformasi birokrasi dan
penegakan hukum, meningkatkan pembangunan ekonomi dan ketahanan pangan
gampong, menjaga kelestarian lingkungan hidup serta menegendalikan laju
pertumbuhan penduduk. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.1.1 |
Masyarakat yang mandiri
dan sejahtera |
|
|
|
|
|
|
|
|
Untuk membangun dan
mencapai masyarakat yang mandiri dan sejahtera, Pemerintah Gampong Krueng
Tunong akan merealisasikan beberapa sektor penting antara lain adalah : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. |
Sektor pendidikan. |
|
|
|
Pendidikan adalah
yang merupakan salah satu komponen pendukung Indeks Pembangunan Manusia (IPM)
memegang peran sentral bersama-sama dengan sektor kesehatan dan ekonomi.
Kondisi saat ini di Gampong Krueng Tunong masih ada warga yang buta aksara,
warga usia sekolah yang tidak mampu untuk mealajutkan pendidikan kejenjang
yang lebih tinggi karena terbentur dengan biaya, masih banyak warga
masyarakat usia dini yang belum tersentuh oleh pendidikam karena terbatasnya
akses pendidikan usia dini di Gampong. Bidang pendidikan agama untuk warga
masyarakat masih di kelola dan di fasilitasi oleh Taman Pendidikan Al-Qur’an
(TPQ) di masing-masing dusun dengan beberapa permasalah antaralain
keterbatasan Sumber Daya Manusianya, keterbatasan sarana gedung dan
keterbatasan sarana pendukung kelengkapan belajar mengajarnya. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Sektor Kesehatan. |
|
|
|
Di Gampong Krueng
Tunong ada beberapa indikator yang menjadi perioritas penanganan serius di
tengah masyarakat seperti masyarakat yang belum memahami dan belum
mencerminkan Perilaku Hidup Bersih (PHBS) karena masyarakat masih banyak yang
membuang sampah sembarangan karena belum tersedianya tempat pembuangan sampah
(TPS), masih banyak warga lansia belum mendapat fasilitaas pelayanan
kesehatan di Posyandu. Tingkat kesehatan ibu hamil dan balita masih rendah
yang dikarenakan kesadaran dan partisipasi masyarakat yang rendah dan juga
masih rendahnya usia harapan hidup masyarakat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. |
Bidang Sosial Budaya. |
|
|
|
Pelestarian dan
aktualisasi nilai-nilai budaya serta kearifan lokal dalam pembangunan belum
optimal. Budaya dan kearifan lokal yang ada sebatas event, festival, dan
kegiatan serimonial saja yang belum mampu masyarakat wujudkan secara
sistimatis diaktualisasikan dalam program pembangunan gampong. Permasalahan
yang dihadapi seperti terkikisnya nila-nilai gotong-royong, masih kurangnya
partisipasi dan keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan gampong baik dalam
proses perencanan sampai pelaksanan kegiatan pembangunan dan pemeliharaannya. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. |
Bidang Pertanian. |
|
|
|
Permasalahan di
bidang petanian yang masih di hadapi adalah masih belum optimalnya fungsi
lembaga yang bergerak di bidang pertanian seperti Gabungan Kelompok Tani
(GAPOKTAN), Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan kelompok Tani Gampong,
pola tanam petani masih belum teratur, program yang diterima dari Pemerintah
Daerah masih banyak yang belum mencapai sasaran, sehingga berdampak kepada
hasil pertanian yang masih rendah yang belum mampu umtuk mensejahterakan
masyarakat petani di Gampong Krueng Tunong. Kondisi sarana/prasarana
pertanian dan juga alat sarana produksi pertanian seperti irigasi baik
skunder maupun tersier, masih belum memadai. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. |
Bidang kemasyarakatan. |
|
|
|
a). |
Permasalahan yang masih ada sampai saat ini adalah
masih banyak warga Gampong Krueng Tunong belum mampu untuk memenuhi
kebutuhannya dan sehat menurut setandar kesehataan. |
|
|
b). |
Masih banyak warga
masyarakat yang belum mendapatkan akses sarana air bersih untuk kebutuhan
sehari-hari. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f. |
Bidang Ekonomi. |
|
|
|
Perekonomian
masyarakat Gampong Krueng Tunong sampai saat ini dapat dikatagorikan
masyarakat yang ekonomi menengah kebawah di lihat dari mata pencaharian warga
yang masih bekerja menjadi petani musiman, nelayan, buruh harian lepas,
pedagang kecil, dan sektor kecil lainnya. Beberapa faktor penyebabnya adalah
masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat, serta kurangnya
modal untuk berusaha sehinga belum mampu untuk bersaing mencari nilai tambah
untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Bidang Lingkungan hidup. |
|
|
|
a). |
Belum optimalnya pengelolaan sampah di tingkat
rumah tangga dan masih kurang perdulinya masyarakat terhadap pengelolaan
sampah secara mandiri mengakibatkan pencemaran lingkungan. Sampai saat ini
Pemerintah Gampong belum mampu mengimbangi keterangkutan dan pengelolaan
sampah karena belum memiliki sarana transportasi sampah, belum memiliki
tempat pembuangan sampah dan belum ada masyarakat yang mampu secara
berkelanjutan dalam pengelolaan daur ulang sampah. |
|
|
b). |
Kurangnya kesadaran
masyarakat terhadap upaya-upaya konservasi sumber daya alam serta belum
optimalnya pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lahan yang masih belum
produktif. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Bidang Kependudukan. |
|
|
|
a). |
Semakin meningkatnya usia harapan hidup yang
berarti semakin banyaknya penduduk yang lanjut usia yang memerlukan perhatian
dan pelayanan pembangunan sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan hidup
penduduk lanjut usia. |
|
|
b). |
Ketimpangan
persebaran penduduk akan semakin memperlebar kesenjangan dalam pemenuhan
kebutuhan pelayanan sosial, kesehatan, pendidikan, budaya, ekonomi,
infrastruktur dan birokrasi yang cenderung berkembang dan dinamis. |
|
|
c). |
Pertambahan penduduk
grafiknya cenderung meningkat sehingga akan berdampak pada tingginya
pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar. Laju pertumbuhan penduduk mencapai
1,49%/tahun, ini belum di imbangi dengan pertumbuhan ekonomi yang optimal. |
|
|
d). |
Kepemilikan
Admimistrasi Kependudukan masih rendah, baik dalam hal Kartu Keluarga (KK),
Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akta-akta kependudukan lainnya. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB VI |
|
ARAH KEBIJAKAN KEUANGAN GAMPONG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.1.1 |
Arah Pengelolaan
Pendapatan Gampong. |
|
|
|
|
|
|
|
Pendapatan Gampong
meliputi semua penerimaan uang melalui Rekening Gampong yang merupakan hak
gampong dalam 1 ( satu ) tahun anggaran yang tidak perlu dibayar kembali.
Pendapatan Gampong Krueng Tunong terdiri dari, transfer Dana Gampong ( DD ),
Alokasi Dana Gampong ( ADD ) dan Bagi Hasil Pajak/Retribusi daerah. Anggaran
Pendapatan dan Belanja Gampong ( APBG) merupakan rencana pengelolaan keuangan
tahunan Pemerintah Gampong yang disetujui oleh Tuha Peut dalam Qanun Gampong.
Dalam hubungannnya dengan RPJMG, APBG menjadi komitmen penyelenggaraan
Pemerintah Gampong untuk mendanai strategi pembangunan pada satuan program
dan kegiatan selama kurun waktu 6 tahun. Arah kebijakan keuangan mengandung
makna : |
|
a. |
Arah belanja APBG
digunakan sepenuhnya untuk mendukung kebijakan dan prioritas strategi jangka menengah 6 tahunan; |
|
b. |
Untuk menjamin
ketersediaan dana maka kebijakan pendapatan gampong di arahkan untuk
mendapatkan berbagai sumber pendapatan yang substansial dan dengan jumlah
yang memadai. |
|
c. |
Meningkatkan daya
dukung terhadap peningkatan pendapatan masyarakat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.1.2 |
Arah Pengelolaan Belanja Gampong. |
|
|
Arah pengelolaan
belanja gampong dimaksudkan untuk menjamin agar seluruh kegiatan strategis
dapat dibiayai oleh APBG. Belanja gampong dilakukan seefektif mungkin
membiayai urusan penyelenggaraan pemerintahan dan perioritas pembangunan yang
dialokasikan sesuai dengan formulasi dalam program dan kegiatan. Belanja
Gampong diklasifikasikan menjadi belanja langsung dan tidak langsung. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.1.3 |
Arah Pengelolaan Pembiayaan. |
|
|
Pembiayaan adalah
seluruh transaksi keuangan pemerintah, baik penerimaan maupun pengeluaran,
yang perlu dibayar atau diterima kembali, yang dalam penganggaran pemerintah
dimaksudkan untuk menutup defisit dan atau memanfaatkan surplus anggaran. |
|
Penerimaan pembiayaan
antara lain berasal dari sisa lebih perhitungan tahun sebelumnya, penjualan
kekayaan gampong dan pinjaman, sedangkan pengeluaran pembiayaan digunakan
untuk Penyertaan Modal Gampong, pembentukan dana cadangan dan pembayaran
pinjaman. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.1.4 |
Kebijakan Umum Anggaran. |
|
Menurut Permendagri
Nomor 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Gampong bahwa Keuangan
Gampong harus dikelola dengan transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan
disiplin anggaran. |
|
Mengacu pada
peraturan tersebut, maka semua penerimaan dan pengeluaran keuangan gampong
dalam tahun anggaran yang bersangkutan harus dimasukan dalam APBG, dan
selanjutnya APBG tersebut dijadikan dasar bagi Pemerintah Gampong dalam
pengelolaan penerimaan dan pengeluaran gampong yang disusun sesuai dengan
kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan serta kemampuan keuangan gampong. |
|
Oleh karena itu
prinsip pengelolaan ini akan tercermin pada proses penyusunan anggaran
gampong, struktur pendapatan dan struktur belanja gampong. |
|
Berikut alur
penyusunan APBG yang akan dilaksanakan setiap tahunnya untuk Periode :
2018–2023. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB VII |
|
KEBIJAKAN UMUM PEMBANGUNAN GAMPONG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Untuk mempermudah
pelaksanaan pembangunan gampong dalam kurun waktu 6 tahun (Periode : 2018-2023) serta upaya
sinkronisasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dengan kebijakan
Pemerintah Gampong, maka pembangunan Gampong Krueng Tunong dibagi menjadi dua
tahapan pembangunan, yaitu tahap perwujudan masyarakat yang lebih sejahtera
lahir dan batin (2018 -2021), dan tahap kelanjutan peningkatan pelayanan
publik (2021 - 2023). |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. |
Tahapan Perwujudan
Masyarakat yang lebih sejahtera |
|
|
|
|
|
Tahap ini merupakan peningkatan kemampuan
masyarakat dalam upaya memiliki daya saing serta kesiapan pengelolaan
hasil-hasil produksi pertanian dan sumber daya alam. Kebijakan perioritas
pembangunan pada tahap perwujudan masyarakat yang lebih sejahtera. |
|
1 |
Pengelolaan potensi
ekonomi lokal. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Penguatan ketrampilan dan
kewirausahaan |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Peningkatan kualitas
pelayanan publik |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Peningkatan pemerataan
pembangunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Peningkatan derajat
kesehatan masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Peningkatan kerukunan
antar umatberagama dan kesetiakawanan sosial |
|
|
7 |
Peningkatan program
prorakyat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Peningkatan kesadaran
umum. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Peningkatan kesadaran
berdemokrasi dan berpolitik. |
|
|
|
|
|
10 |
Perintisan dan
pengembangan industri kecil, perdagangan, pariwisata dibidang pertanian,
pariwisata bidang pegunungan/perbukitan. |
|
11 |
Peningkatan kelestarian
wilayah hutan dan pegunungan |
|
|
|
|
|
12 |
Peningkatan kualitas
hasil pasar dan pemasarannya. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
Tahapan Kelanjutan
Peningkatan Pelayanan Publik |
|
|
|
|
|
Tahap ini merupakan
kelanjutan peningkatan kualitas pelayanan publik, program-program yang telah
disusun dengan visi dan misi pembangunan jangka menengah Gampong Krueng
Tunong Periode : 2018-2023. Serta percepatan peningkatan sumber daya manusia.
Kebijakan prioritas pembangunan pada tahap ini adalah sebagai berikut : |
|
1 |
Reformasi birokrasi. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Peningkatan jalan
potensial ekonomi. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Peningkatan potensi
ekonomi lokal. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Peningkatan pelayanan
kesehatan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Peningkatan pendidikan
terjangkau. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Pemerataan pembangunan
infrastruktur kepentingan umum. |
|
|
|
|
7 |
Penyediaan tempat
distribusi barang dan jasa. |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Peningkatan pengelolaan
sumber daya alam. |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Peningkatan promosi
untuk menarik investor dibidang industri, perdagangan dan mempermudah
perizinan dan memfasilitasi investor yang bergerak di bidang industri,
Perdagangan dan Parawisata yang terkait dengan produksi pertanian. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB VIII |
|
PROGRAM PEMBANGUNAN GAMPONG KRUENG TUNONG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Program Pembangunan
Gampong Krueng Tunong dirumuskan secara komprehensif dalam rangka memenuhi
berbagai kebutuhan dan dinamika pembangunan selama 6 (enam) tahun kedepan.
Program pembangunan dirumuskan menurut acuan yang telah ditetapkan oleh
Pemerintah Pusat dan Daerah yang mengkaitkan pada Misi Pembangunan Gampong
yang akan dilaksanakan selama kurun waktu 6(enam) tahun (Periode :
2018–2023), sebagai berikut : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. |
Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Gampong. |
|
1. |
Penghasilan Tetap dan Tunjangan Geutjhik dan
Perangkat Gampong. |
|
2. |
Operasional Pemerintahan Gampong. |
|
3. |
Tunjangan dan Operasional Tuha Peut Gampong |
|
4. |
Insentif Kepala
Dusun |
|
5. |
Pendataan
Penduduk/profil Gampong |
|
6. |
Pengadaan/Pengelolaan
Media Transparansi Gampong |
|
7. |
Penyelenggaraan Musyawarah Gampong |
|
8. |
Pengelolaan Informasi Gampong. |
|
9. |
Penyelenggaraan Perencanaan Gampong. |
|
10. |
Penyelenggaraan
evaluasi tingkat perkembangan Pemerintahan Gampong. |
|
11. |
Penyelenggaraan
Kerjasama Antar Gampong. |
|
12. |
Pembangunan Sarana dan Prasarana Kantor Gampong. |
|
13. |
Penyusunan dan penetapan produk hukum gampong |
|
14. |
Kegiatan lainnya yang sesuai kondisi gampong. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Gampong. |
|
Dalam rangka
pencapaian tujuan sesuai dengan Visi dan Misi yang telah ditentukan terkait
dengan pelaskanaan pembangunan gampong meliputi : |
|
1. |
Pembangunan,
pemanfaatan dan pemeliharan infrastruktur dan lingkungan, antara lain : |
|
a. |
Jalan Permukiman; |
|
b. |
Jalan Gampong
antar permukiman kewilayah pertanian; |
|
c. |
Lingkungan permukiman masyarakat; |
|
d. |
Infrastruktur Gampong lainnya sesuai dengan kondisi
gampong; |
|
e. |
Pengerukan Kuala Sungai Jaya; |
|
f. |
Pembangunan Mesjid Gampong; |
|
g. |
Pembangunan dan perbaikan sarana olah raga. |
|
2. |
Pembangunan, pemanfaatan, dan pemeliharaan sarana
dan prasarana kesehatan, antara lain : |
|
a. |
Air bersih berskala gampong; |
|
b. |
Sanitasi lingkungan; |
|
c. |
Pelayanan kesehatan gampong seperti Posyandu, dan; |
|
d. |
Sarana dan prasarana kesehatan lainnya sesuai
dengan kondisi Gampong. |
|
3. |
Pembangunan,
pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan, antara lain : |
|
a. |
Taman bacaan masyarakat; |
|
b. |
Pendidikan anak usia dini; |
|
c. |
Balai pelatihan / kegiatan belajar masyarakat; |
|
d. |
Pengembangan dan pembinaan sanggar seni, dan; |
|
e. |
Sarana dan prasarana
pendidikan dan pelatihan lainnya sesuai dengan kondisi gampong. |
|
4. |
Pengembangan usaha
ekonomi produktif serta pembangunan, pemanfaatan, dan pemeliharaan sarana dan
prasarana ekonomi, antara lain : |
|
a. |
Penguatan ekonomi masyarakat; |
|
b. |
Penguatan permodalan BUMG; |
|
c. |
Pembibitan tanaman pangan; |
|
d. |
Penggilingan padi; |
|
e. |
Pengeloaan limbah sampah, kayu, dan lain-lain; |
|
f. |
Lumbung Gampong; |
|
g. |
Pembukaan lahan pertanian; |
|
h. |
Kolam ikan dan pembenihan ikan; |
|
i. |
Kandang ternak; |
|
j. |
Sarana dan prasarana ekonomi lainnya sesuai dengan
gampong; |
|
k. |
Pengembangan Gampong Wisata berbasis Islami. |
|
5 |
Pelestarian lingkungan hidup, antara lain : |
|
a. |
Pembersihan aliran Dusun/Gampong; |
|
b. |
Kegiatan lainnya sesuai dengan kondisi Gampong. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. |
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Gampong |
|
|
1 |
Pembinaan lembaga
kemasyarakatan; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Penyelenggaraan keamanan
dan ketertiban; |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Pembinaan kerukunan umat
beragama; |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Pembinaan lembaga sadar
hukum dan adat; |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Pembinaan kesenian dan
social budaya masyarakat; |
|
|
|
|
|
|
6 |
Kegiatan lain sesuai
kondisi Gampong. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. |
Bidang Pemberdayaan
Masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Pelatihan usaha ekonomi,
pertanian, perikanan dan perdagangan; |
|
|
|
|
2. |
Pelatihan teknologi tepat
guna; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Pendidikan, pelatihan,
penyuluhan dan bimbingan
teknis bagi Geutjhik
Gampong; |
|
|
4. |
Meningkatkan kapasitas
masyarakat, antara lain : |
|
|
|
|
|
|
|
a |
Kader pemberdayaan
masyarakat Gampong |
|
|
|
|
|
|
|
b |
Kelompok usaha ekonomi
produktif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c |
Kelompok perempuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d |
Kelompok tani |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e |
Kelompok masyarakat
miskin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f |
Kelompok pemerhati dan
perlindungan anak |
|
|
|
|
|
|
|
g |
Kelompok pemuda |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
h |
Kelompok lainnnya sesuai
kondisi Gampong |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. |
Bidang Tak Terduga |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Wabah penyakit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Bencana alam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
masing-masing bidang selama enam tahun kedepan dapat dilihat pada matrix
rencana. |