Pendampingan kader TPK

Kampung KB Tri Abadi Sakti Desa Kendayakan
Dipublikasi pada 15 May 2023

Deskripsi

Dukuh Bandung sebagai lokus inti kampung KB pertama kali, tentu tidak ingin ketingglan melaksanakan pendampingan TPK seperti pedukuhan lainnya. Pada satu kesempatan, dilaksanakan monitoring pendampingan TIM Pendamping Keluarga oleh PLKB pembina Desa, sebagai pengejawantahan amanat tugas PLKB sebagi fasillitator Kampung KB dan juga TPK. Data hasil pendampingan yang terekam dalam visum pendampingan diperhatikan dengan seksama. Bukan hanya kelengkapan pengisiannya, tetapi lebih dari itu adalah kualitas data yang didapatkan untuk menyisir adanya kebutuhan intervensi terhadap klien. 

Data yang didapatkan melalui pendampingan ini sangat vital untuk pengambilan kebijakan percepatan penurunan stunting, mengingat salah satu data pokok pemetaaan stunting bersumber dari data primer ini. 

Seperti dilaporkan dari hasil visum kader TPK, terdapat 2 balita dan 2 bumil yang mebutuhkan intervensi gizi spesifik agar bisa menghindarkan diri dari jeratan stunting dan atau resiko melahirkan bayi stunting. Data sensitif ini akan diteruskan ke Bidan desa, Ketua TP PKK, Pmerintah desa dan lintas sektor lain agar menjadi perhatian.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan