Konseling dari penyuluh kb kec. Slawi kab. Tegal oleh diah ayu parahita

KAMPUNG KB DUKUHSALAM
Dipublikasi pada 09 August 2019

Deskripsi

Tentang PIK Remaja

PIK Remaja desa dukuh salam adalah salah satu wadah yang dikembangkan dalam program GenRe, yang dikelola dari, oleh dan untuk Remaja desa dukuj salam guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Pendewasaan Usia Perkawinan, delapan fungsi keluarga, TRIAD KRR (seksualitas, HIV dan AIDS SERTA Napza), keterampilan hidup (life skills), dan genre.

Keberadaan dan peranan PIK R dukuh salam dilingkungan remaja,sangat penting artinya dalam membantu remaja/mahasiswa untuk memperoleh informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan PIK R maka perlu adanya pedoman sebagai acuan bagi pengelola program dan pengelola PIK Remaja melati 06 desa dukuh salam.

Untuk membantu dan membina remaja menyiapkan masa depannya terutama dalam perencanaan kehidupan berkeluarga serta merespon permasalahan-permasalahan yang terjadi pada remaja, BKKBN sesuai dengan amanat UU No. 52 Tahun 2009 mengembangkan program Program Generasi Berencana yang

disingkat menjadi GenRe. Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana; berkarir dalam pekerjaaan secara terencana; serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai
siklus kesehatan reproduksi. Program GenRe ditujukan kepada remaja/mahasiswa melalui wadah PIK Remaja (PIK R) dan keluarga yang memiliki remaja melalui wadah Bina Keluarga Remaja (BKR).

Forum PIK Remaja melati 06 desa dukuh salam, Berdiri pada tahun 19 mei 2018 yang dibentuk dengan rapat musyawarah remaja desa dukuh salam.

Materi pendalaman PIK Remaja adalah bersumber dari materi Generasi Berencana (GenRe), yaitu 8 Substansi GenRe meliputi:


Advokasi

Napza/ Narkoba
Free Sexs
HIV/ AIDS
Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE)
8 Fungsi Keluarga
Gender
Life Skill

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Tidak ada

Sasaran Kegiatan

Tidak ada