KEGIATAN OPERASIONAL KETAHANAN KELUARGA BERBASIS KELOMPOK KEGIATAN DI KAMPUNG KB

KENCANA
Dipublikasi pada 26 April 2023

Deskripsi

Memberikan penjelasan dan edukasi kepada kader mengenai pengertian Dashat, Manfaat dan tujuan pengembangan Dashat secara umum yaitu meningkatkan kualitas gizi masyarakat, dalam mempercepat upaya penurunan stunting. Sementara secara khusus, Dashat dikembangkan dalam rangka:

1)      Sediakan pangan sehat dan bergizi

2)      Memunculkan kelompok usaha keluarga/masyarakat local yang berkelanjutan

3)      Tingkatkan ketrampilan kelompok usaha keluarga/masyarakat

4)      Olah, distribusikan dan pasarkan makanan bergizi seimbang

5)      Berdayakan ekonomi masyarakat berbasis sumber daya local

6)      KIE gizi dan pelatihan kepada keluarga risiko stunting


Memberikan arahan dalam pelaksanaan kegiatan Dashat agar bisa dijalankan dengan baik melalui pengembangan kelembagaan lokal yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan penanganan stunting yang ada di tingkat Desa dan sekitarnya dengan sasaran ibu hamil, ibu menyusui, dan balita serta catin yang menjadi bagian dari keluarga beresiko stunting. Selain itu keluarga dan masyarakat pada umumnya di Desa yang bersangkutan.


Hasil yang diharapkan dengan keberadaan Dashat selain kebutuhan gizi anak stunting, bumil/busui dan keluarga risiko stunting, juga diperolehnya pengetahuan dan keterampilan penyiapan pangan sehat dan bergizi berbasis sumber daya lokal. Selain itu meningkatny kesejahteraan keluarga, melalui keterlibatannya dalam kelompok usaha keluarga/masyarakat yang berkelanjutan.

Sesi Kegiatan Lainnya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan