Kegiatan Operasinal Pelaksanaan dan Pengelolaan Program KKBPK di Kampung KB

KENCANA
Dipublikasi pada 14 June 2023

Deskripsi

Optimalisasi Kampung KB untuk Tingkatkan SDM dan Kesejahteraan Keluarga

Keluarga merupakan institusi sosial pertama dalam pembentukan karakter dan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dalam kehidupan bernegara, keluarga menempati posisi strategis dan berpengaruh terhadap stabilitas negara. Akan tetapi, kenyataannya, tidak semua keluarga di Indonesia mampu menjalankan peran tersebut karena berbagai faktor. Bahkan, ada pula keluarga yang justru menjadi penghambat perkembangan SDM, misalnya akibat keterbatasan pendidikan dan kesejahteraan yang tidak memadai, atau manakala keluarga menjadi pelaku kekerasan


Program yang ada di Kampung KB adalah Data dan Dokumen Kependudukan, Komunikasi Perubahan Perilaku, Layanan Kesehatan dan KB-KR, Pendampingan & Layanan Stunting, Akses Pendidikan, Jaminan dan Perlindungan Sosial, Pemberdayaan Ekonomi, dan Penataan Lingkungan. Kampung KB telah menjalankan kegiatan seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Rumah Data Kependudukan Kampung KB, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R), dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA).

 

Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW/dusun/yang setara dengan kriteria tertentu di mana terdapat keterpaduan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dilakukan secara sistemik dan sistematis. Lebih dari sekadar urusan mengajak masyarakat untuk ikut program KB (seperti memakai alat kontrasepsi), Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dalam berbagai aspek. 

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan