KEGIATAN OPERASIONAL KETAHANAN KELUARGA BERBASIS KELOMPOK KEGIATAN DI KAMPUNG KB

KENCANA
Dipublikasi pada 12 September 2023

Deskripsi

Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

Pembentukan karakter harus dimulai sejak dini. Tujuan dari pembentukan karakter adalah untuk membentuk kepribadian anak yang baik sehingga nanti ketika mereka dewasa menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan dapat bermanfaat bagi sesama manusia dan lingkungannya. Pembentukan karakter sendiri dapat diartikan sebagai suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki, atau membentuk tabiat, karakter, watak, sifat atau akhlak dan budi pekerti yang membedakan antara satu individu dengan yang lain dalam pergaulan di masyarakat yang dilakukan oleh seorang pendidik kepada anak didiknya melalui proses pembelajaran.

Ada dua faktor yang mempengaruhi karakter anak yaitu, faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern sendiri meliputi insting atau naluri, adat atau kebiasaan, kehendak atau kemauan, suara batin atau suara hati, dan keturunan. Sedangkan faktor ekstern meliputi pendidikan dan lingkungan.

Keberhasilan pengembangan karakter pada anak usia dini dapat dilihat dari kondisi kesabaran, kesadaran, kejujuran, keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, kepedulian, kebebasan dalam bertindak, ketelitian, komitmen, mematuhi peraturan, dan menghargai hak dan kewajiban pada anak.

Pembentukan karakter pada anak usia dini sangat diperlukan karena pada hakekatnya pembentukan karakter merupakan hasil pemahaman dari hubungan yang dialami setiap manusia baik itu hubungan dengan sesama, diri sendiri, maupun kepada Tuhan. Cara anak memahami hubungan tersebut akan menentukan karakter anak tersebut.

Selain menginginkan anaknya tumbuh menjadi cerdas, orang tua juga menginginkan anaknya memiliki karakter yang baik. Dalam proses tumbuh kembangnya, anak akan mempelajari sesuatu melalui apa yang dia lihat. Bila anak melihat sesuatu yang baik, maka nantinya ia akan memiliki karakter yang baik pula.

Untuk mendapatkan karakter yang berkualitas pada anak perlu dibentuk dan dibina sejak dini. Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang. Membentuk karakter anak memerlukan proses yang panjang karena karakter tidak terjadi secara otomatis.

Kegagalan penanaman karakter yang baik di usia dini akan membentuk pribadi yang buruk di masa yang akan datang. Oleh karena itu, semua pihak baik guru ataupun orang tua harus selalu memberikan contoh yang baik kepada anak agar ke depannya mereka memiliki karakter yang baik pula.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan