Kegiatan Operasinal Pelaksanaan dan Pengelolaan Program KKBPK di Kampung KB

KENCANA
Dipublikasi pada 03 October 2023

Deskripsi

Kebutuhan Gizi pada Balita

 

Memenuhi kebutuhan gizi anak tidak hanya ketika ia mulai MPASI, tetapi juga ketika sudah masuk usia balita. Semakin besar, balita sudah mulai mengerti makanan yang ia sukai dan tidak. Di masa ini, ibu perlu mencari cara agar anak tetap mau makan dengan gizi dan nutrisi yang baik untuk balita. Berikut panduan kebutuhan gizi seimbang pada balita agar perkembangan anak berjalan dengan optimal.

Panduan menu dan pola makan balita usia 1-3 tahun agar gizi terpenuhi, ada karbohidrat, protein, lemak, serat, dan cairan. Kebutuhan gizi balita usia 4-5 tahun, ada vitamin, dan mineral. Panduan menu makan balita sesuai gizi seimbang, di usia empat sampai lima tahun atau usia prasekolah, perubahan nafsu makan anaksangat normal terjadi. Berikut panduan porsi dan menu makanan balita agar gizi tetap terpenuhi: makan pagi, selingan (camilan), makan siang, selingan (camilan), makan malam 

Ketika memberi makanan pada anak, sangat penting menghindari kondisi tersedak yang bisa membahayakan si kecil. Berikut jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan atau diberikan tapi dengan pengawasan: Tipe makanan licin (anggur utuh, sosis, bakso, permen), Makanan berukuran kecil (kacang-kacangan, keripik, popcorn), Makanan yang lengket (selai, marshmallow). Untuk mengatasinya, selalu potong makanan balita menjadi potongan kecil yang mudah dikunyah dan selalu perhatikan setiap dia makan agar tidak tersedak. Selain itu, dengan memperhatikan anak saat makan bisa membuat Anda tahu bila si kecil memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Ini penting agar ia bisa segera ditangani oleh dokter.

Masuk usia 1 tahun, anak sudah bisa diberikan menu makanan seperti orang dewasa. Ini membuatnya semakin sering mencoba berbagai makanan yang dilihat. Hal ini tentu saja tidak terkecuali jajanan yang kurang sehat. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan, yaitu:

1.       Ikuti menu makanan yang diinginkan anak

2.       Memberi variasi menu makanan bergizi

3.       Mencegah anak kelebihan berat badan

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan