Kegiatan Operasinal Pelaksanaan dan Pengelolaan Program KKBPK di Kampung KB

ANGGREK BULAN
Dipublikasi pada 11 June 2023

Deskripsi

Kebijakan dan Strategi Kampung KB dalam Penanganan

Penggunaan Alat Kontrasepsi MKJP

 

Kebijakan keluarga berencana bukan sesuatu yang baru, namun kebijakan lama tersebut masih tetap relevan hingga saat ini. Kampung KB merupakan inovasi strategis dari pemerintah sebagai upaya mengurangi angka kelahiran balita pada setiap keluarga yang tidak termanage secara bagus di tengah beban perekonomian. Dalam unsur kebijakan terdapat faktor-faktor yang menyebabkan kebijakan kampung KB diantaranya kemiskinan, kekerasan dalam rumah tangga, anak putus sekolah, tingginya angka kelahiran, keikutsertaan KB rendah dan relevansi kebijakan dari kabupaten.

Pemerintah desa dalam mengembangkan kampung KB terdapat empat unsur strategi diantaranya merumuskan kebijakan desa, membangun kemitraan dengan tokoh masyarakat, membangun kemitraan dengan puskesmas dan membangun kemitraan dengan lembaga pendidikan. Dalam merumuskan kebijakan desa terdapat unsur regulasi, pembentukan tim dan anggaran dana. Mengembangkan kampung KB terdapat unsur strukturasi yang menghubungkan sistem kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat seperti kebijakan dan strategi dari pemerintah.

Dalam mengembangkan kampung KB menggunakan cara membangun kemitraan dengan tokoh masyarakat, selain itu membangun kemitraan dengan lembaga pendidikan dan puskesmas. Dengan membangun relasi atau jaringan kerjasama secara luas dapat mendukung, memperkuat dan memperlancar pelaksanaan program yang telah di rencanakan untuk mencapai tujuan bersama yakni kesejahteraan pada setiap rumah tangga dan mengajak penggunaan alat kontrasepsi MKJP.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan