Kegiatan Operasinal Pelaksanaan dan Pengelolaan Program KKBPK di Kampung KB

ANGGREK BULAN
Dipublikasi pada 06 November 2023

Deskripsi

Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Usia 0 - 6 tahun adalah masa emas perkembangan sekaligus masa kritis anak, seluruh aspek perkembangan anak sedang berkembang pesat. Mari manfaatkan masa emas ini agar Ayah dan Bunda dapat memberikan pendidikan yang baik sebagai bekal anak pada kehidupan selanjutnya. Pendidikan di keluarga adalah yang pertama dan utama. Jika pengasuhan anak kita dalam keluarga dilakukan dengan tepat sesuai dengan usia, anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu caranya adalah mengajak anak belajar melalui bermain sehingga mendukung perkembangan anak yang meliputi aspek moral-spiritual, fisik-motorik, kognitif (berfikir), bahasa, sosial-emosional, dan seni. Pada akhirnya perkembangan ini akan menyumbang pada kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif serta mampu berkomunikasi dan bekerja sama. Kemampuan itu sangat diperlukan anak di masa-masa kehidupan selanjutnya dalam menghadapi tantangan hidup yang semakin beragam.

Manfaat keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak,

·         Manfaat untuk anak

1)         Meningkatkan kepercayaan diri anak

2)         Meningkatkan perilaku positif anak

3)         Meningkatkan pencapaian perkembangan anak

4)         Meningkatkan keinginan anak untuk bersekolah

·         Manfaat untuk orang tua

1)        Meningkatkan harapan orang tua pada anak

2)        Meningkatkan keinginan orang tua untuk terus belajar

3)        Meningkatkan kerja sama orang tua dengan sekolah

·         Manfaat untuk sekolah

1)        Mendukung iklim sekolah yang lebih baik

2)        Mendukung kemajuan sekolah secara keseluruhan

3)        Meningkatkan semangat kerja guru

Pendidikan tidak hanya tentang penguasaan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga tentang pembentukan nilai dan etika yang kuat. Nilai dan etika memainkan peran penting dalam membentuk karakter individu dan membantu mereka menjadi warga yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Membangun nilai dan etika dalam pendidikan melibatkan peran aktif orang tua dan sekolah dalam mengajarkan dan mendorong praktik nilai-nilai yang positif.

Melalui kolaborasi yang erat antara orang tua dan sekolah, anak-anak akan merasakan bahwa mereka didukung secara penuh dalam perjalanan pendidikan mereka. Hal ini dapat meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, dan prestasi akademik mereka. Dengan memahami pentingnya peran mereka dalam pendidikan anak, orang tua dapat memaksimalkan potensi anak-anak mereka dan membantu mereka meraih kesuksesan di sekolah dan dalam kehidupan secara keseluruhan.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan