Operasional Ketahanan Keluarga berbasis Kelompok Tri Bina di Kampung KB ( Tentang BKR )
MULYO ABADI
Dipublikasi pada 19 April 2018
Deskripsi
1. Kegiatan : Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Tri Bina diKampung KB ( Tentang BKR )
2. Pelaksanaan :
? Hari : Kamis
? Tanggal : 19 April 2018
? Waktu : 08.00 s/d 12.00
? Tempat : Balai Desa Krajan
3. Peserta :
? Keluarga Remaja
? Ketua TP PKK Desa
? Pokja II TP PKK Desa
? Pokja IV PKK
? Kepala Desa
? Bidan Desa
? Tokoh masyarakat
4. Pimpinan Rapat : Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Magetan
5. Materi Rapat :
A. Narasumber yang pertama dari Dinas PPKB dan PPPA Kab. Magetan, yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kasi Ketahanan Keluarga, Ibu. Emi Susilowati. Pada Kegiatan Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Tri Bina di Kampung KB ( Tentang BKR ) ini narasumber menjelaskan masalah Kesehatan Reproduksi ( Kespro ) , antaralain :
1) Tanda-tanda anak sudah akhil balik ( Puber ), antara lain :
? Laki-laki :
• Suaranya besar
• Adanya benjolan di tenggorokan
• Mimpi basah
• Tumbuh rambut ditempat-tempat tertentu
• Suka bercermin
? Perempuan :
• Payudara membesar
• Menstruasi
• Tumbuh rambut ditempat-tempat tertentu
• Suka bercermin
Kalau sudah ada tanda-tanda seperti diatas ini kita sebagai remaja harus hati-hati kalau bergaul/berteman. Kalau berhubungan intim / sex bias KTD ( Kehamilan Tidak Diinginkan )
B. Narasumber yang kedua dari Polsek Parang, yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Ps Kanit Binmas Polsek Parang Bapak Erikson Tambunan, adapun materi yang disampaikan adalah tentang kenakalan remaja dan sangsi-sangsinya
1) Kenakalan remaja antara lain :
? Penyimpangan terhadap rukun-rukun yang menyimpang hokum pidana
? Melaui HP, TV bias mempengaruhi remaja melakukan pemerkosaaan, penindasan Dll.
? Anak temaja pernah melakukan corat-coret fasilitas umum, tawuran, sex bebas ( Pornografi ), balap liar, penyalahgunaan obat-obatan terlarang ( Narkoba )
? Kalau sudah kecanduan narkoba bias membohongi oaring tua, memcuri barang / uang orang tua, mencuri uang / barang orang lain, kalau sudah mencuri uang / barang orang lain akhirnya sudah melanggar hokum pidana
C. Narasumber yang ketiga dari SMPN 2 Parang, yang pada kesempatan ini diwakili oleh Guru Bimbingan Konseling Ibu Kunirah, adapun materi yang disampaikan adalah :
1) Ada 3 hal hal yang perlu kita pahami sebagai orang tua terhadap anaknya :
2) Cerminan anak disekolah itu berasal dari rumah. Kita sebagai orang tua harus tahu perkembangan anaknya
3) Usia 0-5 tahun : masa PAUD
Usia 10-17 Tahun : masa remaja
4) Usia 3-5Tahun tidak bo;eh dipegangi HP, dampaknya tidak baik bagi anak-anak
5) Usia remaja sekarang matang sebelum masanya, karena pengaruh IT terutama HP, ortu harus waspada pada anak-anaknya
6) Anak kelas 7 sekarang perkembangannya sudah luar biasa, tidak ada rasa perduli terhadap orang tua karena pengaruh IT ( HP )
7) Usia 12 tahun tingkah laku dan pikirannya sudah melebihi kita sebagai orang tua
8) Peran orang tua :
? Selalu ingin tahu tingkah laku anak
? Dimana keberadaan anak
? Apa saja yang dilakukan anak
? Komunikasi yang aktif sama anak
? Sebagai tempat curhat
? Selalu menjalin kehanganatan
? Bias memecahkan masalah anak
? Selalu merindukan anak
? Member pujian terhadap anak
? Member reward
? Selalu menyambung silaturahmi dengan yang akrab
? Menghindari perkataan yang memvonis anak, anak menjadi minder
? Mensuport anak
? Member contoh yang baik pada anak
D. Narasumber yang keempat dari Puskesmas Parang, yang pada kesempatan ini diwakili oleh Pj. Program remaja Puskesmas Parang, Bapak Deddy S,adapun materi yang disampaiakan adalah Puskesmas Peduli Remaja :
1) Masalah Remaja
? Narkoba
? Tawuran
? SPN
? HIV/AIDS
? KTD
? Rokok
2) Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja
? Terjangkau
? Menyenangkan
? Menghargai
? Rahasia
? Peka
? Komperhensif
? Efektif dan efisien
3) Cirri Khas / Karakteristik Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja ( PKPR )
? Kebijakan peduli remaja
? Prosedur pelayanan yang peduli remaja
? Petugas khusus yang peduli remaja
? Fasilitas kesehatan yang peduli remaja
? Partisipasi / keterlibatan remaja
? Keterlibatan masyarakat
? Berbasis masyarakat, luar gedung pelayanan sebaya
? Pelayanan harus sesuai dan komperhensif
? Pelayanan yang berkualitas
? Pelayanan yang efisien
Sesi Kegiatan Keagamaan