KEGIATAN OPERASIONAL KETAHANAN KELUARGA BERBASIS POKTAN
Deskripsi
Narasumber I :
Narasumber I di Hadiri oleh Kabid PPPA beliau
menyampaikan tentang Program Tentang Kita merupakan salah satu revitaslisasi program GenRe
yang dikembangkan dalam upaya penguatan peran pendidik sebaya dan konselor
sebaya di PIK Remaja.Tentang Kita adalah sebuah tagline yang digunakan dengan
makna bahwa apa yang dilakukan oleh pendidik sebaya dan konselor sebaya di PIK
Remaja adalah menyampaikan substansi materi tentang remaja itu sendiri (tubuh,
perasaan, masa depan, dan kehidupan), disampaikan oleh pendidik sebaya dan
konselor sebaya yang adalah remaja, dan disampaikan kepada rekan sebaya para
remaja lainnya.Tentang Kita, membahas tentang kehidupan Aku dan Kamu sebagai
seorang remaja. Para remaja yang hadir dan mengikuti kegiatan ini diharapkan
dapat menjadi sumber informasi yang benar bagi rekan sebaya, hindari informasi
yang tidak benar dan berupaya untuk bisa menjadi panutan/teladan yang baik bagi
rekan sebayanya.
Narasumber II :
Narasumber II di Hadiri oleh
GENRE KAB. MAGETAN beliau menyampaikan tentang kita, karena apa yang dibahas dan dipelajari di
pik remaja adalah tentang tubuh, perasaan, masa depan, dan kehidupan “aku”
dan “ kamu. Modul Beraksi adalah Modul Edukasi Tentang
perencanaan masa depan dan kesehatan reproduksi bagi pendidik sebaya dan
konselor sebaya untuk disampaikan kepada remaja yang seusia denganya : 15-19
tahun melalui moduk ini diharapkan
meningkatkan rasa keterhubungan remaja dengan program GENRE sehingga
dapat meningkatkan keberterimaan dan keterlibatan / partisipasinya di pik
remaja. Sedangkan
tujuan khusus adalah : Meningkatkan kepedulian remaja, khususnya para pendidik
sebaya dan konselor sebaya terhadap rekan sebayanya sehingga dapat membawa
dampak positif dalam kehidupan mereka; Memberikan motivasi kepada para
pengelola PIK Remaja khususnya Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya untuk dapat
mengedukasi teman sebayanya; dan Membekali pendidik sebaya dan konselor sebaya
dengan pengetahuan dan teknik fasilitasi yang relevan dengan remaja sehingga
pelaksanaan edukasi di PIK Remaja dapat berjalan dengan baik.