Kegiatan BKB Dan PAUD
Deskripsi
LATAR BELAKANGPembangunan Manusia Indonesia Pembangunan berbagai aspek untuk membangun manusiaPembangunan fokus pada pemenuhan penegakkan perlindungan hak-hak dasar wargaIndikator keberhasilan Pembangunan adalah peningkatan kualitas SDM.Pengembangan kualitas SDM harus dimulai sejak dini. Pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang yang menyeluruh dan terpadu meliputi aspek kesehatan, gizi, psikososial, pendidikan dan pengasuhan.Investasi sejak usia dini menentukan kualitas SDM.
3 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Pertumbuhan : tumbuh badan atau yang menyangkut fisik seperti tinggi berat anak serta bertambah besar organ tubuh spt otak jantung dll
4 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Perkembangan : proses perubahan yg teratur dari satu tahap perkembangan ketahap perkembangan seperti kecerdasan, perilaku, motorik
5 APA YANG PERLU DIKETAHUI ORTU TTG TUMBANG
Proses Tumbang tidak dapat dipisahkanTumbang dipengaruhi oleh bawaan dan lingkunganTumbang berkesinambunganTumbang mengikuti polaTumbang produk kematangan, belajarTumbang pada usia dini rawan dan pekaTumbang setiap anak unik
6 MENGAPA USIA DINI DISEBUT MASA EMAS (GOLDEN PERIODE)
Otak berkembang pesat 80% sampai usia 3 tahunUsia dini adalah dasar (fondasi) kemampuan penginderaan, berpikir, berbicara dan kepribadian anak, tumbang usia dini menentukan selanjutnyaUsia dini adalah masa peka dan kritisUsia dini hanya ada satu kali dalam kehidupan seseorang, usia emas. Kegagalan bersifat permanenJANGAN TERLAMBAT
7 ASPEK TUMBANG Motorik kasar Motorik halus Kecerdasan Bergaul
KemandirianKomunikasi pasifKomunikasi aktif
8 Model kerjasama suami isteri dalam pengasuhan anak
Wilayah BapakWilayah IbuUsia 0Usia 6-7 thUsia 18-20
9 PENDEKATANHOLISTIK ( aspek fisik, stimulasi mental, emosional, dan sosial )TERPADU
10 STRATEGI PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI HOLISTIK-INTEGRATIF
TUJUANUMUMTerselenggaranya pelayanan pengembangan anak usia dini holistik-integratif menuju terwujudnya anak usia dini Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak muliaKHUSUSTerpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan & gizi, pendidikan dan pengasuhan sesuai segmentasi umurTerlindunginya anak dari perlakuan yang salah, baik pada tataran keluarga maupun lingkungan
11 PRINSIP PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI HOLISTIK-INTEGRATIF
Pelayanan yang holistikPelayanan yang berkesinambunganPelayanan yang tidak diskriminatifPerluasan distribusi pelayananPartisipasi masyarakatBerbasis budaya yang konstruktifGood Governance
12 Apa ituBKB ?PAUD ?Posyandu ?
13 Agar Menjadi manusia yang berkualitas.
PENGERTIAN PENGERTIANKELUARGAAdalah unit terkecil dalam masyarkat yang terdiri dari suami, istri, atau suami-istri dan anaknya atau ayah dengan anakknyaatau Ibu dan anaknyaBINA KELUARGA BALITA (BKB)Upaya Meningkatkan Pengetahuan, Kesadaran, Ketrampilan dan Sikap IBU Serta Keluarga lainnya dalam membina “Tumbuh Kembang” anak balita melalui kegiatan rangsangan mental, emosional, intelektual, moral, sosial dengan berbagai mediaAgar Menjadi manusia yang berkualitas.13
14 TUJUAN BKBMeningkatkan pengetahuan & ketrampilan orangtua & anggota keluarga lainnya dalam pengasuhan & pembinaan tumbuh kembang anak balita secara optimal melalui stimulasi/rangsangan fisik, intelektual, mental emosional, sosial dan moral spritual secara seimbang sehingga dapat mewujudkan SDM potensial
15 CIRI & SASARAN BKB Ciri : Sasaran :
- Menekankan pada pembangunan manusiapada usia dini, baik fisik maupun mental- Tidak langsung ditujukan kepada balita- Meningkatkan ketrampilan ORTU & anggotakeluarga lainnya “ mengasuh & mendidik anak balitanya”- Menggunakan APE (alat permainan edukatif)Sasaran :Semua keluarga yang mempunyai balita terutama dari golongan berpenghasilan rendah, baik di pedesaan & perkotaan, perusahaan, perkebunan, & lingkungan kerja lain, komplek perumahan dll
16 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
(PAUD)Menurut UU No. 20 th 2005, PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. (Pasal 1, butir 14)16
17 POSYANDUAdalah Pos Pelayanan Terpadu (KB-Kesehatan) yang dikelola dan diselenggarakan oleh, dari, untuk dan bersama masyarakat dengan dukungan tehnis dari petugas dalam rangka mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)17
18 penyuluhan dan materi pembelajaran.
BKB - PAUDAdalah suatu bentuk “keterpaduan kegiatan” antara BKB dan PAUD dalam memodifikasi proses penyelenggaraan, baik yang berkaitan dengan aspek pengasuhan, pembelajaran, sarana-prasarana, materipenyuluhan dan materi pembelajaran.18
19 MATERI PENYULUHAN BKB Materi-materi yang diberikan meliputi:
Materi Umum (4 materi)Materi khusus kelompom umur (7 aspek perkembangan)Materi tambahan (3 materi)Catatan:Materi diberikan dengan metoda: simulasi, games, tanya jawab, dan lainnya – disesuaikan dengan sasaran.
20 MATERI PENYULUHAN PAUD
Materi-materi yang diberikan meliputi:Pengembangan moral dan nilai-nilai agamaPengembangan fisikPengembangan bahasaPengembangan kognitifPengembangan Sosial EmosionalPengembangan seni.Catatan:Materi diberikan dengan metoda: Tanya jawab, dialogue, simulasi, games, dan lainnya – disesuaikan dengan sasaran pembelajaran.
21 POKOK-POKOK KEGIATAN BKB-PAUD-POSYANDU
Materi penyuluhan BKB.Materi pembelajaran PAUD.Pelayanan KIE.Pengembangan materi media penyuluhan dan pembelajaranPenyiapan penyelenggaraan berbgai pelayanan POSYANDUOrientasi dan pelatihan.
22 Sasaran tidak langsung
+BKB BKKBNPAUD DIKNASKeluargaSasaran LangsungAnak BalitaSasaran tidak langsungInformalPendekatanNon-formalKelompok BKBWadahPos PAUDKader BKBPelaksanaGuru PAUDPenyiapan SDMyang berkualitas
23 + + Penyiapan SDM yang berkualitas Posyandu BKB BKKBN PAUD DIKNAS
DEPKESBKB BKKBNPAUD DIKNASKesehatan / PertumbuhanPendidikan / PerkembanganSasaranLangsungAnak BalitaKeluargaAnak BalitaSasaran tdk langsungKeluargaAnak BalitaKeluargaPendekatanInformalInformalNon FormalWadahPos YanduKelp. BKBPos PAUDPelaksanaKader PosyanduKader BKBGuru PAUDPenyiapan SDM yang berkualitas
24 Pola Posyandu Pos PAUD BKB Usia 0 – 6 th 2 – 4 th. 0 – 5 th 6 th 5 th
TargetAnakAnak via ibu*Fokus ke anak lang-sungLayanan kesehatan anakPerkem-bangan emosi & mentalFokus ke anak lewat ibuPendidikan orgtua utk memelihara anakLayanan ke-sehatan ibu-Pendidikan orang tua untuk memeli-hara anakWaktu2 jam/hari,2 jam/hariKegiatan2 kali/bln.Minimum 3 hari/minggu
25 MODEL INTEGRASI BKB DAN PAUD DI POSYANDU
MEJA IPendaftaran oleh :Kader Posyandu, Kader BKB, Kader PAUDMEJA IIPenimbangan oleh Kader PosyanduPemantauan perkembangan oleh kader BKBMEJA IIIPencatatan di KMS oleh Kader PosyanduPencatatan di KKA oleh kader BKBMEJA VMEJA IVKader Posyandu :Penyuluhan kesehatan & GiziPenimbangan balita & kunjungan rumahKader BKB :Penyuluhan stimulasi perkembangan anakKegiatan BKBKader PAUD (Pamong / pendidik PAUD)Penyuluhan pendidikan dini/ anak prasekolahPelayanan Kesehatan & Gizi oleh petugaskesehatan : Immunisasi, KIA termasuk DDTK & KBGizi termasuk penanggulangan gizi burukPenanggulangan ISPA & DiareKonseling pendidikan usia dini & pra-sekolah olehPamong / Pendidik PAUDKADER , KELUARGA, MASYARAKATPROVIDER
26 TIPOLOGI PELAYANAN PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI
Saat Inia. b. c. d. e. 1. 2.Yang Diharapkan
27 MODEL INTEGRASI BKB DAN PAUD DI POSYANDU
Alternatif 1: dilaksanakan pada waktu dan tempat yang sama, bila jumlah tutor dan tempat memungkinkanAlternatif 2: dilaksanakan pada waktu dan tempat yang sama, tempat berbedaAlternatif 3: dilaksanakan pada waktu dan tempat berbeda