HARUMKAN KULON PROGO, SUGINO, RAIH PENGHARGAAN KALPATARU KATEGORI PEMBINA LINGKUNGAN

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 10 December 2020

Deskripsi

Sendangsari-Kamis (10/12/2020). Sendangsari kembali mengharumkan nama Kabupaten Kulon Progo. Sugino, warga Padukuhan Gegunung, Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih berhasil mendapatkan prestasi Juara 1 Penghargaan Kalpataru Tingkat DIY tahun 2020. Sugino yang dikenal sebagai ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Sendang Lestari melaksanakan verifikasi lapangan Selasa, 10 November 2020 lalu.
Diajukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo, Sugino mewakili Kabupaten dalam kategori Pembina Lingkungan. Selain membina Kelompok Tani yang berada di Kalurahan Sendangsari, Sugino juga membina Pokdakan, Kelompok Mina Padi, Taman Toga, Bank Sampah dan Pelestarian Sumber Mata Air alami.
Dalam bidang pertanian, Sugino mengembangkan pertanian organik, beliau berhasil menciptakan pupuk organik dan pengendali hama tanaman berupa PGPR, Eco enzim, dan MOL. Selain itu, Sugino juga mengembangkan teknologi pemanfaatan bio gas, untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah bau kotoran sapi yang dimanfaatkan untuk pemupukan pada tanaman organik polibag.
Di lingkungan masyarakat Padukuhan Gegunung, khususnya Rt 32 Sugino dikenal sebagai motivator masyarakat dalam mengelola sampah an organik untuk ditabung melalui bank sampah, juga mengurangi pembakaran sampah organik untuk dijadikan pupuk.
"Saya merasa tergerak hati saya untuk membina kelompok, terutama dalam bidang pertanian agar masyarakat lebih mengembangkan pertanian organik, mengurangi bahan kimia sehingga mengurangi dampak negatif lingkungan maupun kesehatan" jelas Sugino.
"Sesuai dengan slogan Kulon Progo, iso nandur ngopo tuku, iso ngingu ngopo tuku, iso nggawe ngopo tuku, menjadikan saya tambah bersemangat dalam membina kelompok" tambahnya.
Pemberian penghargaan Kalpataru dilaksanakan siang tadi di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi D.I. Yogyakarta bersamaan dengan penerimaan penghargaan kategori lainnya.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan