SATGAS COVID-19 IKUTI PELATIHAN PEMULASARAAN JENAZAH

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 15 December 2020

Deskripsi

Sendangsari-(16/12/2020). Satgas Covid-19 Kalurahan Sendangsari yang terdiri dari Pamong Kalurahan, anggota BPK, Ketua Rt dan Ketua Rw mengikuti pelatihan pemulasaraan dan pemakaman jenazah covid-19. Pelatihan dilaksanakan dua sesi di Aula Kalurahan Sendangsari, Selasa 15 Desember 2020. Pelatihan di buka oleh Pj. Lurah Sendangsari, Samsudin yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada satgas yang akan ,mengikuti pelatihan.
Disampaikan oleh Koordinator TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kulon Progo, Sunardi bahwa resiko terburuk dari terpapar Corona adalah meninggal. Apabila ada yang meninggal perlu diperhatikan jenazah tersebut merupakan kasus suspek, probable atau konfirmasi.
Petugas penggali kubur tetap menyesuaikan kearifan lokal masyarakat atau keluarga yang mempunyai tanggung jawab untuk melanjutkan menimbun peti jenazah serta merapikan area pemakaman setelah petugas pemakaman melakukan desinfeksi area pemakaman dan peralatan yang dipakai tim pemakaman.
Setelah selesai pemakaman juga dilakukan dekontaminasi tim pemakaman dan peralatan :
1.Tim turun dari mobil disemprot dengan dekon tinggi dan tunggu sampai ± 3 menit
2.Tim disemprot dengan sabun
3.Melepas APD
4.Mandi dan ganti pakaian
5.Desinfeksi kendaraan dan peralatan dengan dekon tinggi
6.Mencuci APD yang boleh digunakan lagi dengan sabun
7.Merawat serta membersihkan peralatan dan kendaraan.
Pelatihan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah per Desember 2020 bahwa penanganan jenazah kasus covid dikembalikan ke masyarakat/keluarga.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada