Pasar Tani KWT dari Pekarangan Wujudkan Masyarakat Tangguh Pangan

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 03 January 2021

Deskripsi

Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo yang diberikan ke KWT Dhuawar Sejahtera Tahun 2017.
Kegiatan ini ternyata sangat dirasakan manfaatnya oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Dhuawar Sejahtera di Padukuhan Kroco, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo.
Pembina KWT Dhuawar Sejahtera, Sugiyanto mengungkapkan di tengah wabah yang sedang melanda saat ini, seluruh anggota sangat merasakan manfaat yang mereka dapatkan melalui kegiatan ini.
“Hal ini terasa sekali manfaatnya, adanya wabah Covid-19 jadi agak was-was kalau pergi ke pasar, apa yang mau kita makan keseharian kalau ga memanfaatkan makanan lokal yang melimpah disekitar kita,” ujar pria yang kerap dipanggil pak Sos .
Di tengah pandemi ini justru muncul inisiatif untuk membuat pasar tani di lingkungan KBD (Kebun Bibit Desa) yang punya maksud mengoptimalkan penjualan sayuran dan makanan lokal yang tidak harus berinteraksi dengan banyak orang seperti di pasar.
Walaupun Pasar Tani hanya ada setiap hari Minggu jam 06-09 pagi saja, daya beli masyarakat sekitar sangat tinggi, bisa untuk agenda jalan-jalan sambil refreshing juga.
Penerapan protokol kesehatan bagi pengunjung juga diterapkan seperti pakai masker, cuci tangan sebelum masuk pasar tani, dan tentunya jaga jarak antar pengunjung.
Kelompok Wanita Tani Dhuawar Sejahtera juga mempunyai program Bank sayur yang dikelola anggota sehingga berapapun hasil panen anggota diterima dan dapat ditampung. Hasil penjualan pun disimpan dan ditabung di Bank Sayur dan dapat diambil setiap saat jika anggota membutuhkan.
 “Situasi saat ini adanya pembatasan gerak masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, keberadaan Pasar Tani ini menjadi sangat tepat karena masyarakat dapat memproduksi pangan dari pekarangan rumah mereka sendiri,” jelas Trenggono saat mengunjungi Pasar Tani Minggu Kemarin (03/01/2021).

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kepala Bidang Pangan dan Penyuluhan, Ir. Trenggono Trimulyo, MT dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, melalui Pasar Tani hasil dari pekarangan akan terwujud masyarakat tangguh pangan, yang menjadi indikator masyarakat yang berkualitas dan sejahtera.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan