LAHAN SAWAH SECANG TERKENA EROSI, LURAH SENDANGSARI TINJAU LOKASI

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 06 January 2021

Deskripsi

Sendangsari, Lurah Sendangsari Samsudin bersama Jagabaya, Ulu-Ulu, Dukuh Secang dan Dukuh Girinyono pada Rabu (6/1) meninjau lokasi persawahan Padukuhan Secang yang terkena abrasi luapan air sungai jalur Waduk Sermo.
Dukuh Serang, Marsono menjelaskan bahwa abrasi yang terus menerus menggerus lahan sawah yang ada disekitar sungai sudah terjadi sekitar 10 tahun lebih. Akibatnya, luas lahan sawah yang tergerus bertambah bahkan kini sudah ada yang hilang tergerus air.
Menurutnya, erosi terus terjadi apalagi pada saat musim hujan seperti sekarang ini dimana air sungai seringkali meluap. Bahkan kini, selain telah menghilangkan sawah ratusan meter persegi, erosi juga mengancam Jalan Usaha Tani (JUT).
Jika hal ini terus dibiarkan, maka luasan lahan sawah yang tergerus air sungai jalur sermo akan terus bertambah. Dikhawatirkan jalan usaha tani yang saat ini sudah terancam, bisa-bisa akan benar-benar ikut tergerus.
Untuk mencegah agar abrasi lahan pinggiran sungai ini tidak terus terjadi , pemerintah Kalurahan Sendangsari akan mengajukan bantuan ke Instansi terkait.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan