OPTIMALISASI LAHAN PEKARANGAN, KWT MAWAR LESTARI LAKUKAN PEMBIBITAN

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 17 January 2021

Deskripsi

Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Lestari yang berada di Padukuhan Gegunung Kalurahan Sendangsari melakukan pembibitan sayuran. Pembibitan rutin dilakukan secara swadaya sesuai waktu yang telah ditentukan. Sore itu, Minggu 17 Januari 2021 anggota KWT Mawar Lestari melakukan pembibitan sayuran sejumlah 700 bibit berupa bunga kol, caisim, kangkung, cabai merah, cabai hijau, cabai keriting, terung dan kacang panjang.
Pembibitan dilakukan di media tanam yang juga dibuat oleh Ibu-ibu anggota. Media tanam tersebut berupa campuran tanah, sekam padi yang telah dipanggang dan pupuk organik. Bibit yang disiapkan oleh anggota ini selain nantinya akan ditanam di lahan demplot juga akan di tanam di pekarangan masing-masing anggota dengan penanaman dan perawatan secara organik.
"Pembibitan rutin ini dilakukan agar pemanfaatan lahan pekarangan anggota lebih optimal" jelas Puji Lestari, Ketua KWT.
Tanaman yang di budidayakan di KWT juga merupakan sayuran yang akan digunakan untuk suply BPNT pesanan e-warong yang sudah melakukan kerja sama dengan KWT. Selain itu juga untuk mencukupi sayuran untuk pihak yang telah melakukan kerja sama (pedagang sayur dan pedagang mie ayam).
"Selain untuk mecukupi pesanan dan pelanggan diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi para anggota, terutama mengurangi pengeluaran ekonomi keluarga dan mencukupi gizi seimbang" tambah Puji.
Selain melakukan pembibitan, anggota KWT juga menyiapkan lahan untuk kegiatan budikdamber yang nantinya juga akan di letakkan di demplot KWT.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan