WARGA PADUKUHAN KROCO MANFAATKAN SAMPAH UNTUK DIJUAL KEMBALI

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 17 January 2021

Deskripsi

arga Padukuhan Kroco, mengumpilkan sampah yang layak jual seperti plastik, kertas, kaca, dan logam untuk dijual ke pengepul.
Sampah menjadi masalah klasik di Indonesia. Dari yang paling sederhana yaitu rumah tangga setiap harinya selalu menghasilkan sampah yang jika tidak dikelola dengan baik akan menumpuk dan akan menjadikan polusi serta mengganggu lingkungan. Di Padukuhan Kroco, Kalurahan Sendangsari, setiap minggunya warga Padukuhan Kroco mengumpulkan sampah dari warganya.
Sampah dikumpulkan di Bank Sampah yang sudah disediakan. Di bank sampah ini sampah tersebut dipilih kembali untuk memisahkan yang layak jual dan tidak. Sampah yang layak jual seperti sampah kertas, logam, plastik dan kaca.
Setelah terkumpul sampah ini biasanya dijual ke pengepul dari UD Margorosok yang bertempat di Segoroyo, Pleret, Bantul. Pengepul tersebut biasanya datang ke Bank sampah di Padukuhan Kroco untuk mengambil hasil pengumpulan sampah warga. Pada hari Minggu, 17 Januari 2021 dapat terkumpul uang sejumlah Rp. 380.000 dari hasil pengumpulan sampah 25 warga.
Dengan adanya pemanfaatan sampah ini selain mengurangi jumlah sampah di Padukuhan Kroco dapat menjadi tambahan pemasukan di Padukuhan Kroco.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan