EMBUNG BOGOR DI PROYEKSIKAN MENJADI KAWASAN AGROWISATA DI KALURAHAN SENDANGSARI

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 26 January 2021

Deskripsi

Sendangsari, Kawasan embung bogor yang berada di dua padukuhan yaitu padukuhan Girinyono dan Padukuhan Blubuk akan diproyeksikan sebagai kawasan holtikultura dan agrowisata.
Dinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo dan DPRD Kulon Progo pada Senin (26/1/21) meninjau lokasi embung bogor.
Dukuh Girinyono, Heru Prasetyo mengatakan bahwa dari Dinas pertanian Kulon Progo berencana membuat kawasan holtikultura di sekitar embung bogor.
“Dari kunjungan Dinas Pertanian berencana membuat kawasan holtikultura di sekitar embung bogor yang nantinya bisa dijadikan agrowisata. Saat ini kita mulai sosialisasikan kepada warga karena sebagian tanah nya adalah milik warga.”Kata heru.
Selain untuk kawasan holtikultura diembung bogor juga akan dibuat saluran baru dari sisi barat untuk program sawah cetak di padukuhan Girinyono.
“Kedepan juga akan dibuatkan jalur aliran air dari embung bogor ke sisi barat. Sehingga sisi barat sungai bisa dibuat sawah cetak baru.”tambah heru.
Menurut Kepala Dinas Pertanian Kulon Progo, Muh Aris Nugroho ketika mengunjungi embung beberapa waktu lalu, embung bogor ini mempunyai potensi yang sangat bagus. Selain untuk tempat wisata air, kawasan disekitar embung bogor bisa untuk holtikultura dan agrowisata.
“Embung bogor ini potensinya bagus sekali, aliran air dari embung bogor selain untuk mengaliri lahan pertanian juga bisa untuk tempat wisata. Sebelah atas bisa dijadikan tempat holtikultura buah-buahan dan kemah, sedangkan untuk sebelah timur bisa digunakan sebagai lahan sawah cetak. View nya sangat bagus, potensi untuk wisata edukasi, agroeduwisata khususnya di padukuhan girinyono. Ini luar biasa kita bisa berkolaborasi dengan masyarakat karena ini potensinya bagus sekali.”Jelas, Kepala Dinas Pertanian KP.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan