SURVEY PROGRAM PENANGANAN STUNTING

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 28 January 2021

Deskripsi

Sendangsari (28/1/2021). Perkumpulan IDEA Yogyakarta bekerja sama dengan Kalurahan Sendangsari untuk melakukan survey tentang pelaksaaan program stunting di Kalurahan Sendangsari. Surveyor ( berjumlah 9 orang) diambil dari unsur Kader, Tokoh Pemuda , Kelompok Pemberdayaan Masyarakat dan Perwakilan Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPK). Untuk Sistem Survey yang dilaksanakan menggunakan metode sample.
Di Kalurahan Sendangsari angka stunting termasuk masih tinggi sehingga upaya-upaya untuk mengurangi angka harus ditingkatkan. Program yang sudah terlasana untuk mengurangi diantaranya sosialiasasi 1000 HPK dan pemberian PMT di Posyandu.
Untuk Sosialisasi Kalurahan bekerja sama dengan Puskesmas Pengasih 1, dengan sasaran remaja, ibu hamil, orang tua memiliki anak baduta ( bawah dua tahun). Sedangkan pemberian PMT diberikan di masing-masing posyandu, termasuk jenis menunya dikelola oleh kader posyandu.
Sasaran yang menjadi responden dalam survey yang sudah dilakukan ( 28 Desember 2020 – 15 Januari 2021) yaitu Kader, Penerima manfaat PMT ( anak stunting dan tidak stunting), dan Pemerintah Kalurahan Sendangsari. Jumlah keseluruhan responden sejumlah 50 orang yang diambil sampel di masing-masing padukuhan.
Dari hasil survey di lapangan didapatkan beberapa hal yang menjadi kendala penanganan stunting tidak maksimal. Banyak orang tua yang mempunyai anak stunting, merasa malu untuk mengantar anak posyandu . Selain itu menu PMT ada yang tidak disukai oleh anak penderita stunting sehingga asupan gizi tidak maksimal.
“Kami akan berusaha semaksimal mungkin membantu untuk progam stunting ini, kami akan membantu memfasilitasi ke Pemerintah Kalurahan, Puskemas maupun Dinas Kesehatan agar program-progam penanganan stunting lebih optimal lagi”, ujar Isna dari Perkumpulan Idea Yogyakarta.
Dengan adanya survey ini akan menjadikan bahan rekomedasi dari Perkumpulan Idea Yogyakarta untuk membantu advokasi kepada Pihak Pemerintah Kalurahan maupun instansi terkait diatasnya agar program penanganan stunting menjadi lebih intens.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan