Program Budikdamber akan Panen Perdana

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 02 February 2021

Deskripsi

Sendangsari-Selasa (02-02-2021). Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Lestari akan melakukan panen perdana program budikdamber.  Program dari Kementerian Kelautan ini baru di terima sebagian yang diserahkan secara simbolis pada November lalu. Meski baru di terima sejumlah 5 ember anggota KWT tetap antusias dalam memanfaatkan program tersebut.

Ditemui di lokasi, Ketua KWT Mawar Lestari, Puji Lestari menyampaikan hasil panen perdana ini belum dijual ke luar. “Panen pertama lele ini untuk anggota KWT terlebih dahulu” kata Puji. “Rencana kami, setelah semua program kami terima hasil panen akan kami ikut sertakan supply BPNT untuk e-warong” tambah Puji.

Disampaikan juga oleh Puji, budidaya lele perdana ini juga sebagai media belajar bagi Ibu-Ibu KWT yang semula hanya mengembangbiakan tanaman dan mengolah hasil panen menjadi makanan ringan, tetapi dengan adanya program budikdamber, Ibu-ibu anggota memiliki tambahan pengetahuan dan pengalaman dalam budidaya ikan. Dengan pendampingan PPL dan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, Puji bersama anggota dapat mengatasi permasalah dalam budidaya yang dialami yaitu adanya jamur di tubuh lele dan adanya lele yang tidak tumbuh dengan baik sehingga dapat mencapai 75% keberhasilan dari jumlah penebaran benih.

Selain panen lele, KWT juga sudah 3 kali memanen kangkung yang di budidayakan di atas ember tersebut. Puji berharap, dengan adanya kegiatan KWT ini dapat mengembangkan inovasi dan meningkatkan perekonomian bagi anggota.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan