Sego Gembrot Kutuk Menjadi Makanan Khas Embung Blubuk

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 23 March 2021

Deskripsi

Sendangsari (23/03/21) Sego Gembrot Kutuk menjadi makanan khas Embung Blubuk. Berawal dari adat budaya yang berada di Padukuhan Blubuk yaitu Kutukan dengan adanya sejarah di Dusun Blubuk setiap malam jumat wage setelah musim panen berkumpul di rumah juru kunci dengan membawa nasi dan lauknya berupa gembrot ikan kutuk dengan kelapa hijau. Adat budaya ini masih erat dengan cerita seputar sosok leluhur wilayah tersebut yakini Sunan Geseng. Termasuk tradisi kembulan berasal dari cerita rakyat tentang Sunan Geseng yang di percaya sebagai murid Sunan Kalijaga, seorang tokoh penyebar ajaran Islam di Jawa.

Di kaitakan dengan ke arifan lokal yang di miliki oleh masyarakat Padukhan Blubuk yaitu upacara adat kutukan, sehinga tema gembrot kutuk sangat dekat dengan Padukuhan Blubuk selain itu keistimewaan dari ikan kutuk yang memiliki protein tinggi dan mempercepat penyembuhan pada luka. Maka dari itu Pawon Embung Blubuk memilih Gembrot Kutuk sebagai makanan khas Embung Blubuk ini

“Bismillahirrahmanirahim .. hari ini Senin tanggal 22 Maret 2021 saya Bupati Kulon Progo mengenalkan Sego Gembrot Kutuk sebagai makanan khas Embung Blubuk ini semoga Allah SWT Tuhan maha kuasa meridohi semua usaha kita, Aamiin terimakasih” ungkap Drs. H. Sutedjo Bupati Kulon Progo mengenalkan Sego Gembrot Kutuk.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan