Pentas Daring Drama Tari "Dharmaning Katresnan" pada Gelar Potensi Desa Budaya 2021

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 23 November 2021

Deskripsi

 Desa Budaya Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo ikuti pentas Daring Gelar Potensi yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa 23 November 2021. Acara Gelar Potensi Desa Budaya tersebut dilakukan secara Daring melalui streaming Youtube Dinas Kebudayaan "Tasteofjogja disbud diy".

Bertempat di Taman Budaya Kulon Progo (TBK) Desa Budaya Kalurahan Sendangsari yang tampil pada urutan nomor 2 menampilkan drama tari dengan judul “Darmaning Katresnan” yang menceritakan tentang bagaimana Kerajaan Mataram berdiri.

Perjalanan berdirinya Kerajaan Mataram dimulai dari bagaimana Danang Sutowijoyo (Panembahan Senopati), Ki Juru Mertani dan Ki Pemanahan melakukan Babad Alas Mentaok untuk membangun kerajaan tersebut. Laku spiritual yang dilakukan oleh Danang Sutowijoyo mengundang perhatian khusus dari Nyi Roro Kidul karena dalam lakunya membuat Kraton Kidul panas membara.

Nyi Roro Kidul kemudian berusaha mengirimkan pasukannya untuk menggagalkan laku Danang Sutowijoyo. Namun pada akhirnya Ratu Kidul membantu Danang Sutowijoyo untuk Babad Alas Mentaok.

Gelar Potensi Desa Budaya merupakan even tahunan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi D.I. Yogyakarta.

Setiap kontingen dari desa budaya menampilkan pertunjukan yang merupakan gabungan dari seni karawitan, tari, tembang, upacara adat, kearifan lokal serta unsur seni lainnya yang merupakan potensi atau warisan budaya di wilayah desa budaya masing-masing.

Maksud dan tujuan adalah untuk melindungi warisan budaya, keragaman budaya, serta reaktualisasi nilai budaya pada desa  budaya sebagai jati diri bangsa agar tidak tercabut dari akar budayanya.

Selain itu, acara tersebut menjadi sarana evaluasi pembinaan dan pengembangan potensi desa budaya. Dan juga sebagai pelepas rasa rindu masyarakat akan pagelaran kesenian tradisional.

Sesi Kegiatan Sosial Budaya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan