LPMK Sendangsari mengadakan Pelatihan Budidaya Pohon Pisang

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 20 December 2021

Deskripsi

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMK) melaksanakn kegiatan pelatihan Pengelolaan Budidaya Tanaman Pisang untuk masyarakat Sendangsari bersama Kelompok Tani Makmur Jaya Sub budidaya Tanaman Pisang, Kedunggalih, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Selasa (21/12/21) di rumah Bapak Karyono Padukuhan Secang dan dihadiri oleh Lurah Sendangsari, Pamong, Ketua LPMK Gunawan, S. Si, Sungkono, S.TP dari BPP Pengasih sebagai nara sumber Budidaya Tanaman Pisang dan 45 peserta dari warga 10 Padukuhan di Sendangsari.

Suhardi selaku Lurah Sendangsari dalam sambutanya menyampaikan bahwa Sendangsari sangan berpotensi untuk budidaya pisang karena kebutuhan pisang diwilayah masih disupali dari luar daerah.

"Kami berharap masyarakat Kalurahan Sendangsari dapat memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh LPMK agar bisa meningkatkan taraf ekonominya" ujar Gunawan selaku Ketua LPMK.

Pelatihan ini terdiri dari kegiatan pemberian materi tentang budidaya pisang mulai dari penyiapan lahan dan cara penanaman, pemeliharaan tanaman dalam hal pemupukan serta cara mengatasi hama dan penyakit tanaman pisang hingga masa panen dan pasca panen. pelatihan dilanjutkan dengan kegiatan praktek langsung di lapangan.

Para peserta pelatihan melaksanakan praktek lapangan di kebun pisang Kelompok Tani Makmur yang berada di Padukuhan Kedunggalih, Pengasih. Sampai disana peserta disambut oleh ketua dan anggota Kelompok. Heru Martono menjelaskan dan mempraktekan cara menanam pisang dari pemilihan bibit, persiapan lahan, pemangkasan bunga pisang, sampai pasca panen.

Kelompok Budidaya pisang ini sudah berjalan sekitar 2 tahun dengan luas lahan sekitar 5 hektar yang mayoritas ditanmi pohon pisang Raja, Ambon, dan Kapok. Kelompok juga bisa menyediakan pesanan bibit dengan harga yang realtif terjangkau hanya 15 ribu dengan ukuran bibit hampir 1 meter. Untuk pemasaran hasil budidaya selama ini tidak ada kendala karena biasanya tengkulak sudah langsung menghubungi kelompok.

Dengan adanya pelatihan Budidaya Pohon Pisang ini diharapkan ada Rencana Tindak Lanjut agar kedepan benar-benar bisa bermanfaat dan bisa diaplikasikan oleh para peserta pelatihan.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan