Antisipasi Merebaknya DB, Surveilance Puskesmas Lakukan Pemantauan Jentik

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 27 January 2022

Deskripsi

Tiga personil surveilance yang juga tim medis Puskesmas Pengasih I, Jumat (28/1) melakukan pemantauan jentik nyamuk di Rt.01 Pedukuhan Serang, Kalurahan Sendangsari. 12 rumah warga dilakukan pemeriksaan, dan ditemukan Angka Bebas Jentik (ABJ) hanya berkisar 70 prosen.

 

Belasan rumah yang berada disekitar Puskesmas Pengasih I mendapatkan perhatian dari sejumlah tim medis dengan melakukan pemantauan jentik, baik di tempat penampungan air, bak mandi serta di halaman rumah warga setempat. Dari pemantauan tim, ditemukan Angka Bebas Jentik hanya mencapai sekitar 70 prosen.

 

Sementara salah seorang tim medis Puskesmas, Sihono AMK yang ditemui secara terpisah mengatakan, tingkat toleransi ABJ seharusnya 90 prosen. “Dari hasil pemantauan yang dilakukan teman – teman, ambang toleransi ABJ masih berada dibawah seharusnya. Hal ini perlu mendapatkan perhatian semua elemen untuk antisipasi merebaknya Demam Berdarah,” kata Sihono

 

Sedangkan jentik nyamuk banyak ditemukan di media – media yang ada di sekitar rumah, seperti pot bunga, botol bekas yang ada di tempat sampah maupun pembuangan air limbah rumah tangga, seiring sering terjadinya guyuran hujan pada beberapa hari terakhir.

 

“Kami memang berharap, agar musim seperti ini harus lebih digalakkan PSN, baik berupa menutup bak penampungan air, mengubur barang – barang bekas yang ada ditempat sampah serta tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah. Hal ini semata – mata untuk upaya antisipasi dari merebaknya serangan penyakit demam berdarah,” paparnya.

 

Dengan adanya hasil pemantauan tersebut, berbagai elemen masyarakat diharapkan untuk segera menggalakkan PSN guna menghindari hal – hal yang tidak diinginkan bersama.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan