Jaga Kelestarian Lingkungan dan Raih Manfaat Ekonomi melalui Bank Sampah

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 21 February 2022

Deskripsi

Sendangsari-Selasa (22-02-2022). Mawar Asri 1 dan Mawar Asri 2 merupakan bank sampah yang berada di Padukuhan Gegunung. Sebagai bank sampah binaan dari Bank Sampah induk Dhuawar Sejahtera, Mawar Asri aktif melakukan kegiatan pengepulan sampah di setiap bulan. Pada bulan ini pengepulan dan penimbangan dilaksanakan Selasa, 22 Februari 2022 di sekretariat.

Banyaknya penduduk dan tingkat konsumtif yang tinggi di masyarakat menyebabkan jumlah sampah yang terus meningkat dan perlu adanya pengelolaan yang baik. Agar keberadaan sampah menjadi lebih bernilai. Salah satu langkah yang ditempuh dengan mengaktifkan kegiatan Bank Sampah.

Warga yang menjadi nasabah mengumpulkan sampahnya yang sudah dipilah untuk di setorkan ke Bank Sampah. Hasil penimbangan / penjualan tersebut disimpan sehingga menjadi tabungan. Sampah yang disetorkan diantaranya kertas, plastik, besi dan kaca (beling). Tidak hanya itu, Bank Sampah juga menerima jelantah minyak dan bekas barang elektronik.

Dengan adanya bank sampah ini diharapkan dapat menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu dari hasil penjualan sampah yang ditabung tentu saja nasabah mendapatkan manfaat ekonomi. Dari sampah menjadi rupiah.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan