Tadisi Bersih Makam Jatisemutan Kroco Jelang Bulan Ramadhan

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 12 March 2022

Deskripsi

Sendangsari - Sejumlah warga membersihkan kompleks makam Jati Semutan yang terletak Padukuhan Kroco Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kulon Progo, Minggu (13/3/22). Tradisi ini dilakukan setiap menjelang Ramadhan oleh warga di Padukuhan Kroco.

Tradisi ini merupakan salah satu yang biasa dilakukan umat muslim di Indonesia secara turun temurun dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Kerja bakti dilaksanakan setelah adanya kesepakan bersama untuk menentukan waktunya. Sedangkan warga yang bekerja bakti tersebut tidak hanya warga Padukuhan Kroco saja, ada beberapa warga Padukuhan Blumbang, Klegen, dan Mrunggi yang juga ikut serta dalam kegiatan kerjabakti tersebut. Mereka kebanyakan yang mempunyai ahli waris yang dimakamkan di tempat ini. Dengan membawa peralatan seperti cangkul dan sabit untuk membersihkan rerumputan di sekitar makam keluarga.

Tak jarang, beberapa makam tampak banyak rumput dan ilalang yang cukup lebat. "Biasanya Ahli Waris merantau dan dalam 2 tahun ini tidak mudik sehingga tidak ada yang mengunjungi," ucap Paryono selaku Ketua pengelola Makam Jatisemutan di sela-sela aktivitasnya.

Menjelang pukul 09.00 WIB, satu persatu warga yang sejak pagi atau sekira pukul 07.00 WIB sudah membersihkan makam kembali ke rumah masing-masing. Sisanya akan dibersihkan oleh warga lainnya yang belum ikut hari ini.

Sesi Kegiatan Sosial Budaya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan