Sosialisasi Sawah Cetak Baru Kelompok Tani Subur Raharjo Girinyono

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 23 March 2022

Deskripsi

Sendangsari(24/03/2022) Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo mengadakan sosialisasi sawah cetak baru di Kelompok Tani Subur Raharjo Padukuhan Girinyono RT 42 RW 22 Kalurahan Sendangsari Pengasih Kulon Progo. Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam mengembalikan lahan pertanian di Kulon Progo karena terjadinya alih fungsi lahan pertanian pasca pembangunan Bandara YIA.

Lokasi lahan seluas kurang lebih 4 hektar milik kelompok tani subur rahajo telah disiapkan. Lahan tersebut memanfaatkan aliran air yang diambil dari embung batur girinyono.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Tri Hidayatun mengatakan bahwa sawah cetak baru sebagai upaya memproduksi tanaman pangan dan merubah lahan non produktif menjadi lahan produktif. Selain itu untuk menyeimbangkan lahan sawah yang berkurang akibat dari pembangunan bandara baru YIA di Kabupaten kulon Progo.

Ia menambahkan dari kegiatan sosialisasi program sawah cetak baru nantinya akan disusul dengan pangadaan pupuk dan benih oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo.

Ketua Kelompok Tani Subur Raharjo Giriyono, Sabar berharap program sawah cetak baru khususnya di padukuhan Girinyono dapat berjalan lancar sehingga nanti hasil yang didapat dapat bermanfaat bagi kelompok dan masyarakat padukuhan Girinyono.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan