Pimpinan dan Anggota DPRD Kulon Progo Blusukan ke Bank Sampah, Jaring Aspirasi

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 29 March 2022

Deskripsi

Sendangsari– Rombongan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulon Progo yang dipimpin Wakil Ketua I H. Ponimin, S.E.,M.M melakukan kunjungan kerja di Bank Sampah Dhuawar Sejahtera, Rabu (30/3/2022).

Ponimin mengatakan, silaturahmi dan kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendapatkan refensi terkait dengan pengelolaan sampah.

"Urusan persampahan menyangkut kebersihan dan kesehatan. Oleh karena itu, percepatan pembangunan di Kabupaten Kulon Progo dengan keberadaan bandara berikut kawasan penyangga harus dipersiapkan bagaimana pengelolaan sampahnya,” kata Ponimin di sela-sela mengunjungi Bank Sampah Dhuawar Sejahtera di Padukuhan Kroco Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih.

“Pengurangan sampah menjadi tupoksinya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sedangkan penanganan sampah tupoksinya ada di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP). Kami mengharapkan upaya pengurangan sampah juga memperoleh alokasi anggaran yang cukup,” terang Eni yang hadir dalam kunjungan bersama dengan Anggota Komisi III Drs. Sasmita Hadi dan Sarkawi.

Eni menegaskan, masalah sampah termasuk urgent dan penting. Oleh karena itu, ia mendorong Pemerintah Kalurahan berperan aktif mensupport eksistensi Bank Sampah dan KSM.

Senada, Kepala DLH Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si menuturkan, Kalurahan sebenarnya dapat mengakomodir Bank Sampah dengan APBKal-nya.

DLH Kulon Progo, kata Sumarsana, mendorong agar sekolah-sekolah menjalin kemitraan dengan Bank Sampah yang terdekat. Di lingkup perkantoran, pihaknya menggalakkan Program Sedekah Sampah.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan