Penimbangan Balita di Posyandu Paripurna 1

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 05 April 2022

Deskripsi

Posyandu Paripurna 1 Paingan melakukan penimbangan Balita pada Rabu (6/4/2022). Kegiatan penimbangan Balita yang memang telah berjalan disetiap bulannya tetap dibuka meskipun bulan puasa. Antusias warga Paingan yang memiliki balita juga tetap tinggi karena memantau tumbuh kembang anak/balita sangat penting. Dengan menimbang serta mengukur tinggi badan anak disetiap bulannya, orang tua menjadi tahu kondisi anak karena berat dan tinggi badan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Setelah penimbangan dan pengukuran , setiap balita akan menerima PMT (Pemberian Makanan Tambahan). Menu makanan pun dibuat beragam disetiap bulannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebosanan anak pada makanan yang diberikan.

Ada yang berbeda pada posyandu kali ini. Setiap anak yang telah memasuki usia 2 tahun atau 24 bulan, ia akan diberi obat cacing. Obat cacing diberikan untuk mencegah cacingan pada anak. Hal ini dikarenakan cacingan pada anak dapat berdampak buruk bagi kesehatan juga tumbuh kembangnya. Dosis pemberian obat cacing juga berbeda karena disesuaikan umur anak.

Dari 40 balita yang terdaftar di Posyandu Paripurna 1, ada beberapa balita yang tidak hadir untuk penimbangan karena alasan kesehatan. “rata-rata karena demam atau sedang batuk pilek, jadi orang tua tidak mengantar balitanya ke posyandu.” Ungkap salah seorang kader.

“Sesuai kesepakatan bersama antara kader dengan orang tua balita, bagi balita yang sedang sakit diperbolehkan menunda atau tidak datang ke posyandu. Nanti kalau sudah sehat bisa timbangan lagi. Kasihan kalau dipaksa.”imbuhnya

Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan