Kader IMP Sendangsari Raih Juara Lomba Tingkat Propinsi

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 05 April 2022

Deskripsi

Kalurahan Sendangsari mendapatkan prestasi Peringkat 1 Penilaian Lomba Apresiasi Tenaga Lini Lapangan ( Kategori Kader IMP ( Institusi Masyarakat Pedesaan)) Tingkat Propinsi yang diadakan oleh Kantor BKKBN DIY (1/4 ).

 

Penilaian Lomba Kader IMP tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas PMD Dalduk KB Kabupaten Kulon Progo ini dilaksanakan di bulan Februari. Kalurahan Sendangsari diwakili oleh Yuli Astuti, A.Md yang selain jadi Kader IMP juga menjabat Dukuh Gegunung, mendapat Peringkat 1 sehingga maju penilaian Tingkat Propinsi ( 30/3). Dan selanjutnya maju Penilaian Lomba Tingkat Nasional.

 

Yuli Astuti, A.Md sudah aktif menjadi Kader IMP dengan melaksanakan 6 peran bakti di Padukuhan Gegunung yaitu organisasi, pertemuan, Komunikasi Informasi dan Edukasi pada masyarakat, pencatatan pendataan dan pemetaan sasaran, pelayanan kegiatan dan kemandirian. Selain itu Yuli juga memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sarana memudahkan segala aktivitas dan komunikasi kader.

 

Sebelum presentasi secara virtual, peserta mengirimkan profil dan peran serta inovasi dalam bentuk hardfile dan video. Beberapa inovasi yang dilakukan oleh Yuli yaitu memberikan reward untuk peserta KB baru, memberikan reward untuk kader yang mendapatkan peserta KB baru, menggerakan Gerakan Menanam di Pekarangan ( GEMPAR), Gerakan Menanam Buah ( GERTAM), menggiatkan kegiatan di bidang Peternakan dan Perikanan, menggerakan Bank Sayur serta donasi sayur untuk balita.

 

“Untuk reward biasanya saya swadaya da nada juga dari donator tapi tidak tetap, hal ini saya lakukan agar kader-kader lain semakin termotivasi dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang memang tidak mudah,” ujarnya.

 

“ Kedudukan dan peran Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dalam pembangunan KB di Indonesia sudah tidak perlu dipertayakan lagi. Dengan dirintisnya pola pembinaan peserta KB (akseptor) yang melibatkan masyarakat sebagai pelaksana pada era 1975-an, IMP telah menunjukkkan eksistensi dan peran bhaktinya dalam menunjang kesuksesan program KB nasional. Akan tetapi masih banyak tanggung jawab yang harus saya lakukan untuk persiapan menghadapi Penilaian Lomba Tingkat Nasional.” tambahnya.

Sesi Kegiatan Lainnya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan