Tim Penilai Kampung KB Tingkat DIY, Laksanakan Verifikasi Lapangan di Kampung KB Sendangsari Kulon Progo

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 24 May 2022

Deskripsi

Sendangsari - Tim verifikasi lapangan penguatan kampung Keluarga Berkualitas tingkat  Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan verifikasi lapangan di Kampung KB Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kulon Progo, Selasa (24/5/2022).


Kehadiran tim verifikasi disambut hangat Pj Bupati Kulon Progo yang diwakili Asek 2.


Dalam sambutannya, Asek 2 menjelaskan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Banggakencana) merupakan program BKKBN untuk mewujudkan keluarga berkualitas. “Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan, perekonomian, mengurangi angka buta huruf, mengendalikan jumlah penduduk melalui sinergitas program-program pembangunan keluarga berencana dan program lain yang dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, ”terangnya. Kampung KB Sendangsari yang merupakan kampung KB percontohan di Kabupaten Kulon Progo yang berhasil mengimplementasikan program Banggakencana bersinergi dengan lembaga, mitra kerja, stakeholders dan lintas sektor terkait dalam membuat inovasi. "Termasuk program DASHAT Dapur Sehat Atasi Stunting yang sudah dilaksakan semenjak adanya pencanangan BKKBN Pusat tanggal 20 Agustus tahun 2021 yang lalu" tandasnya.


Senada dengan Asek 2, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PMD Dalduk KB Kulon Progo Drs. Mardiyo menambahkan sekitar 26 Kampung KB yang ada di Kabupaten Kulon Progo hanya 1 yang kami ikutkan  mengikuti evaluasi  ini melalui tahap seleksi profil kampung KB di tingkat Kabulaten. Kampung KB Sendangaari yang kami putuskan untuk mengikuti di Tingkat DIY. 


“Jadi verifikasi lapangan ini dilakukan untuk mencari bukti apa yang sudah disampaikan melalui profil. Jika sudah terbukti ada maka penilaiannya sesuai. Namun ketika di lapangan ditemukan yang belum tertulis dalam profil, maka akan dijadikan tambahan dalam penilaian. Saya berharap dalam kunjungan lapangan ini tim menemukan apa saja kendala dan hambatan dalam pengelolaan kampung KB sehingga bisa menjadi referensi untuk membuat kebijakan bagi kampung KB ke depannya,” urainya.


Sementara itu Panewu Pengasih Hera dalam acara pelepasan tim verivikasi menyampaikan kepada Tim Verivikasi berbagai kegiatan, peran serta warga, dukungan pemerintah, serta peran serta lintas sektoral dalam mendukung Kampung KB menjadi point tersendiri untuk menentukan penilaian. Beliau juga mengaku optimis Kampung KB Sendangsari menjadi yang terbaik di Tingkat DIY. “Kami mengirimkan profil kampung KB ini untuk dilombakan di DIY dan selalu optimis dan mudah-mudahan Kampung KB Sendangsari menjadi yang terbaik diantara nominasi lainnya,’’ harapnya.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan