Rapat Persiapan Upacara Adat Wiwitan

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 06 July 2022

Deskripsi

Desa Budaya Kalurahan Sendangsari mengadakan rapat persiapan Upacara Adat Wiwitan di Bulak Pereng. Kegiatan Upacara Adat ini didanai dari anggaran BKK Danais Desa Mandiri Budaya bertempat di Rumah Dukuh Pereng, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo (7/7).

 

Rapat dihadiri Pengurus Desa Budaya, Lurah, Carik, Ulu-ulu, Kamituwa, Dukuh Pereng, Dukuh Blubuk, Dukuh gIrinyono, Plt Dukuh Gegunung, dan Pendamping Desa Budaya. Rencana Wiwitan akan diagendakan pada tanggal 24 Juli 2022 ( Minggu Legi) bertempat di Penglawen, Bulak Pereng.

 

“Upacara Tradisi Wiwitan bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai kegiatan edukasi kepada generasi muda dan generasi penerus bangsa tentang budaya tradisi wiwitan peninggalan nenek moyang sehingga tetap terjaga dan lestari, menumbuhkan dan meningkatkan solidaritas sosial masyarakat dan gotong royong di kalangan masyarakat, serta sebagai even budaya dan wisata di Kalurahan Sendangsari.” ungkap Imam Syafii, Ketua Desa Budaya Sendangsari.

 

Dalam kesempatan tersebut Lurah Sendangsari berharap bahwa kegiatan tersebut dapat  dilaksanakan rutin setiap tahun sebagai agenda rutin kebudayaan, sehingga tradisi Wiwitan dapat lestari.

 

Dalam pembentukan kepengurusan Wiwitan dijabat oleh Untung, yang juga sebagai anggota Desa Budaya. Untuk kerangka dan konsep kegiatan lebih detail diagendakan dalam rapat selanjutnya.
Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan