Wiwitan di Bulak Penglawen, Nguri-uri Tradisi Budaya dan Gotong Royong

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 14 July 2022

Deskripsi

Para petani mengikuti Upacara Adat Wiwitan mengawali proses Panen Raya di Bulak Penglawen, Padukuhan Pereng, Kalurahan Sendangsari, kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo Jumat Paing (15/7/2022).

Upacara Adat Wiwitan ini dihadiri Pj.Bupati, Paniradya Kaistimewaan DIY, Dinas kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten dan Propinsi, Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Ketua dan anggota DPRD Kab.Kulon Progo, Forkompikap, Lurah beserta pamong, Ketua Desa Budaya, dan tokoh masyarakat.

Upacara Adat Wiwitan ini dimaksudkan sebagai kegiatan mujahadah atau doa bersama untuk kelancaran dan keberkahan petani, dengan harapan mendapat hasil panen padi yang bagus dan melimpah.

Selain sebagai ungkapan doa dan rasa syukur kepada Tuhan YME, Wiwitan juga sebagai adat tradisi yang harus tetap dilestarikan. Selain itu juga simbol kegotong royongan di masyarakat yang sangat kental.

Kegiatan ini terlaksana dengan anggaran dari Danais BKK Mandiri Budaya, donatur dan iuran swadaya petani yang menggarap sawah di Bulak Pereng.

Arak-arakan kirab yang dipimpin Bregodo 17, Selo Kumitir, berjalan dari pertigaan SDN Widoro menuju Bulak Panglawen . Gunungan hasil bumi dengan iring-iringan para petani membawa ubo rampe wiwitan diarak sampai bulak yang dituju.

Gunungan hasil bumi selain berupa sayur mayur juga ada uang yang nantinya setelah acara akan diperebutkan kepada masyarakat, yang diyakini membawa berkah.

Suhardi, Lurah Sendangsari, mengapresiasi kerja dan kekompakan tim dan pengurus Desa Budaya yang telah sukses melaksanakan Upacara Adat ini.

“Kami selaku Pemerintah Kalurahan sangat berterimakasih atas kerja keras tim, pengurus Desa Budaya dan petani yang bersama-sama, bekerja sama demi suksesnya Wiwitan ini. Tahun depan seyogyanya kegiatan ini terlaksana kembali di padukuhan lainnya.” ungkapnya.(IPG)

Sesi Kegiatan Sosial Budaya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan