Rembug Stunting Kalurahan Sendangsari

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 26 May 2023

Deskripsi

Pada Jumat, 26 Mei 2023 pukul 09.00 WIB – selesai di Aula Kalurahan Sendangsari dilaksanakan rembug stunting. Rembug stunting merupakan acara yang diselenggarakan rutin setiap tahun. Hal ini dilakukan karena pengentasan stunting merupakan salah satu prioritas program saat ini. Acara ini dihadiri oleh perwakilan Kapanewon Pengasih, Lurah, Carik, Kamituwo, Ulu-ulu, Pengurus TPPS, Perwakilan PKK, KPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perwakilan Kader Posyandu, Perwakilan Tendik PAUD, Perwakilan Kader BKB, Puskesmas Pengasih I terdiri dari Promkes, Bidan Desa, Nutrisionis, dan Kesling, Pendamping Desa, BPK, Penyuluh KB, Pokjan Kampung KB, dan Tim Pendamping Keluarga.

            Sambutan dari Lurah Sendangsari Suhardi menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada peserta rembukg stunting. Sambutan dari Panewu Anom mewakili dari Kapanewon Pengasih menyatakan bahwa tahun 2030 target nasional adalah Indonesia zero stunting. Acara dilanjutkan materi dan informasi dari Puskesmas Pengasih 1 bahwa angka stunting  Sendangsri saat ini ada 34 balita.

            Pendamping Desa yang diwakili oleh Bapak Lesandi menjelaskan terkait prioritas desa dalam program stunting. Prioritas tersebut adalah memastikan tujuh paket layanan pencegahan stunting tersedia dan terjadinya konvergensi layanan di Desa :

  1. Layanan Kesehatan Ibu dan Anak
  2. Konseling gizi terpadu
  3. Sarana air bersih dan sanitasi
  4. Perlindungan/jaminan social dan kesehatan
  5. PAUD dan kelas pengasuhan
  6. Pemeriksaan kesehatan Pasangan Usia Subur (PUS)
  7. Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri

Prioritas lainnya adalah memastikan kelompok prioritas yaitu ibu hamil dan bayi umur 0-2 tahun (1000 Hari Pertama Kehidupan), remaja putri dan PUS dapat mengakses 7 layanan dasar.

            Acara berikutnya adalah musyawarah konvergensi stunting dipimpin oleh KPM, Ibu Bu tari. Acara dilanjutkan dengan musyawarah penunjukan delegasi pada forum perencanaan Kalurahan berikutnya. Delegasi yang terpilih adalah Ibu Maryati dari unsur perwakilan Pendidik PAUD, Tutik Handayani perwakilan PKK, Bu Dukuh Serang dari unsur Kader, dan Buntari dari unsur KPM. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan