DASHAT Sendangsari Menggandeng Beberapa Mitra

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 26 May 2023

Deskripsi

Salah satu upaya penurunan stunting adalah dengan Dapur Sehat Atasi Stunting atau sering disingkat DASHAT. DASHAT merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu meyusui dan baduta/balita stuting terutama dari keluarga kurang mampu.

Dapur Sehat Atasi Stunting yang ada di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Sendangsari sudah terbentuk sejak diluncurkannya Program DASHAT oleh BKKBN Pusat tahun 2021. Kegiatan yang dilaksanakan bersama-sama dengan menggandeng unsur masyarakat ini diharapkan bisa menjadi informasi edukasi pusat gizi serta pelayanan pada anak stunting, bersama para ahli gizi telah menyusun menu sehat dengan konsep produk lokal, karena sekaligus memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat sendiri.

Kegiatan DAHSAT sendiri mencakup edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui dan balita. Dalam hal ini masyarakat akan diberi sosilaisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bericita rasa dan bergizi baik dan dipadukan dengan berbagai kegiatan kemitraan.

Sementara DASHAT yang ada di Kampung KB Sendangsari saat ini juga menggandeng mitra dari Aplikasi Bu Bidan dan BAZNAS DIY yang memberikan bantuanya untuk pengadaan PMT bagi Balita Stunting.

Pelaksanaan pemberian PMT bulan Mei dilaksakan di Aula Kalurahan Sendangsari pada hari Jumat tanggal 26 Mei 2023. 

Sebanyak 30 orang tua balita antusias mengambil PMT yang sudah disiapkan Tim DASHAT Sendangsari, terbukti semua bisa mengambilnya sehingga tim tidak mengantar ke rumah penerima.

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan