Belajar dan Bermain Bersama Mahasiswa KKN UII, Anak-anak Senang

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 31 July 2023

Deskripsi

Sendangsari-- Kalurahan Sendangsari kembali menerima penerjunan mahasiswa KKN dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pada Selasa, 1 Agustus 2023. Sebanyak 48 orang mahasiswa yang diterjunkan akan ditempatkan di 6 wilayah padukuhan yang ada di Kalurahan Sendangsari, salah satunya Padukuhan Paingan.

Padukuhan Paingan menerima mahasiswa KKN UII sebanyak 8 orang, 3 laki-laki dan 5 perempuan yang masing-masing dari program studi (prodi) yang berbeda. Karena berbeda prodi, masing-masing juga memiliki program kerja (proker) yang berbeda dalam pelaksanaan KKN ini. 

Pertemuan dalam rangka perkenalan dan penyampaian proker antara mahasiswa KKN bersama tokoh masyarakat Padukuhan Paingan telah dilaksanakan pada Selasa,1 Agustus 2023, bertempat di Gedung PAUD Paripurna.

Hari ini - Rabu, 2 Agustus 2023 mahasiswa KKN UII melakukan kegiatan pertamanya dengan bergabung bersama anak-anak POS PAUD Paripurna. Karena tema pembelajaran hari ini adalah makanan, maka anak-anak diajak untuk praktek membuat bola-bola pisang dengan didampingi wali murid, guru dan mahasiswa KKN.

Anak-anak  tampak senang mengikuti pelajaran pagi ini. Beberapa anak juga sudah mulai akrab dengan mahasiswa KKN meskipun ada juga yang masih takut.

"Alhamdulillah pagi ini anak-anak tambah semangat belajarnya karena didampingi  mas-mas dan mbak-mbak KKN. Anak-anak ada yang langsung akrab, tapi ada juga yang masih takut bertemu orang baru. Guru-guru nya juga merasa senang karena ada yang bantu momong anak-anak."ujar Arin Fitriana, salah seorang guru PAUD Paripurna.

Dalam proses pembuatan bola-bola pisang anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok. Pembelajaran ini bertujuan untuk mengasah keterampilan motorik anak melalui penggunakan peralatan sederhana, belajar bekerjasama, berkreasi serta pengenalan makanan lokal.

Seperti yang disampaikan pada acara perkenalan, pendidik PAUD Paripurna berharap mahasiswa KKN UII dapat bergabung bersama anak-anak setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis, jam 08.00 sampai 10.00 WIB. 

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan