SOSIALISASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) PUSKESMAS PENGASIH 1

Kampung Keluarga Berkualitas Sendangsari
Dipublikasi pada 30 October 2023

Deskripsi

Puskesmas Pengasih 1 melaksanakan Sosialisasi program P4K di Rumah Makan River View pada hari Selasa, 31 Oktober 2023 yang dihadiri oleh kader Posyandu, Tim Pendamping Keluarga, Pemerintah Kalurahan, KUA, PKB, serta Dukuh yang ada diwilayah kerja Puskesmas Pengasih 1 yaitu Kalurahan Sendangsari, Kalurahan Pengasih, dan Kalurahan Sidomulyo.

Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) merupakan suatu program dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang tanda bahaya kehamilan, bagaimana mempersiapkan persalinan yang aman dan mencegah terjadinya kematian ibu atau bayi/balita. Dengan demikian diharapkan tidak hanya ibu hamil dan keluarganya saja yang tahu namun masyarakat secara umum juga lebih aware terhadap ibu hamil disekitarnya.

Tujuan dari program tersebut untuk meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat.

Adapun jenis-jenis dari proses program tersebut meliputi : Pendataan seluruh ibu hamil yang ada di Desa, Pemasangan stiker P4K di setiap rumah ibu hamil, Membuat perencanaan persalinan melalui penyiapan seperti (tempat persalinan, pendamping persalinan, transportasi persalinan yang akan digunakan, dan sebagainya).

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan