Pelaksanaan Ketahanan Keluarga berbasis Kelompok Kegiatan (Poktan) di Kampung Keluarga Berkualitas
Deskripsi
Kebutuhan
dan Kecukupan Gizi, Pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak
berkembang
adalah bertambahnya struktur, fungsi dan kemampuan anak yang lebih
kompleks, meliputi kemampuan :
·
1. Sensorik (kemampuan mendengar, melihat, meraba,
merasa, mencium)
·
2. Motorik (terdiri dari gerak kasar, halus, dan
kompleks)
·
3. Berkomunikasi dan berinteraksi (tersenyum,
menangis, bicara, dll)
·
4. Kognitif (kemampuan mengenal, membandingkan,
mengingat, memecahkan masalah, dan kecerdasan)
·
5. Bersosialisasi, kemandirian
·
6. Kreativitas
·
7. Moral dan spiritual (nilai-nilai adat dan budaya
serta agama)
·
dan lain-lain.
Pertumbuhan
dan perkembangan terjadi secara bersamaan (simultan). Perkembangan merupakan
hasil interaksi kematangan susunan syaraf pusat dengan organ tubuh yang
dipengaruhinya. Misal: kemampuan bicara merupakan hasil dari perkembangan
sistem syaraf yang mengendalikan proses bicara. Hal-hal yang menentukan
Kualitas Tumbuh Kembang Anak Kualitas tumbuh kembang anak ditentukan oleh:
·
Faktor intrinsik, yaitu faktor-faktor bawaan
sejak lahir (genetik-heredokonstitusional)
·
Faktor ekstrinsik, yaitu faktor-faktor sekeliling
(lingkungan) yang mempengaruhi tumbuh kembang anak sejak di dalam
kandungan hingga lahir dan bertumbuh-kembang menjadi seorang anak.
Kebutuhan-kebutuhan Dasar
Anak untuk Tumbuh Kembang yang optimal meliputi Asuh, Asih, dan Asah yaitu: 1.
Kebutuhan Fisik-Biologis (ASUH):
Meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan seperti:
nutrisi, imunisasi, kebersihan tubuh & lingkungan, pakaian,
pelayanan/pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, olahraga, bermain dan
beristirahat.
·
Nutrisi: Harus dipenuhi sejak anak di dalam rahim.
Ibu perlu memberikan nutrisi seimbang melalui konsumsi makanan yang
bergizi dan menu seimbang. Air Susu Ibu (ASI) yang merupakan nutrisi yang
paling lengkap dan seimbang bagi bayi terutama pada 6 bulan pertama (ASI
Eksklusif).
·
Imunisasi: anak perlu diberikan imunisasi dasar lengkap
agar terlindung dari penyakit-penyakit yang dapat
dicegah dengan imunisasi.
·
Kebersihan: meliputi kebersihan makanan,
minuman,udara, pakaian, rumah, sekolah, tempat bermain dan
transportasi
·
Bermain, aktivitas fisik, tidur: anak perlu
bermain, melakukan aktivitas fisik dan tidur karena hal ini dapat
o merangsang hormon
pertumbuhan, nafsu makan, merangsang metabolisme karbohidrat, lemak,
dan proteiN
o merangsang
pertumbuhan otot dan tulang
o merangsang
perkembangan
·
Pelayanan Kesehatan: anak perlu
dipantau/diperiksa kesehatannya secara teratur. Penimbangan anak minimal 8
kali setahun dan dilakukan SDIDTK minimal 2 kali setahun. Pemberian kapsul
Vitamin A dosis tinggi setiap bulan Februari dan bulan Agustus.
Tujuan pemantauan yang teratur untuk : mendeteksi secara dini dan
menanggulangi bila ada penyakit dan gangguan tumbuh-kembang, mencegah
penyakit serta memantau pertumbuhan dan perkembangan anak
2.
Kebutuhan kasih sayang dan emosi (ASIH):
Pada tahun-tahun pertama kehidupannya (bahkan sejak
dalam kandungan), anak mutlak memerlukan ikatan yang erat, serasi
dan selaras dengan ibunya untuk menjamin tumbuh kembang fisik-mental
dan psikososial anak dengan cara:
·
menciptakan rasa aman dan nyaman, anak merasa
dilindungi,
·
diperhatikan minat, keinginan, dan pendapatnya
·
diberi contoh (bukan dipaksa)
·
dibantu, didorong/dimotivasi, dan dihargai
·
dididik dengan penuh kegembiraan, melakukan koreksi
dengan kegembiraan dan kasih sayang (bukan ancaman/ hukuman)
3.
Kebutuhan Stimulasi (ASAH):
Anak perlu distimulasi
sejak dini untuk mengembangkan sedini mungkin kemampuan sensorik, motorik,
emosi-sosial, bicara, kognitif, kemandirian, kreativitas, kepemimpinan, moral
dan spiritual anak.