Pelatihan Produksi Keripik Pisang

Kampung KB Desa Wringinpitu
Dipublikasi pada 25 October 2018

Deskripsi

Pada hari Jum'at 26 Oktober 2018 dilaksanakan pertemuan Kelompok Kerja Kampung KB yang dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota Pokja Kampung KB. Pada pertemuan kali ini, narasumber yang dihadirkan merupakan penggiat ekonomi produktif sekaligus pemilik home industry aneka keripik, abon, tape manis, aneka kerupuk, dll. Narasumber mengajak dan memotivasi warga masyarakat untuk mau menekuni usaha ekonomi produktif dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi keluarga.
Narasumber memberikan pelatihan kepada peserta pertemuan Pokja Kampung KB tentang pembuatan keripik pisang dari bahan pisang kepok. Animo peserta termasuk Kepala Desa sangat baik, mereka sangat antusias mengikuti tahap demi tahap pelatihan bahkan mempraktekannya secara langsung. Beberapa pelatihan yang diberikan berurutan mulai dari cara pemilihan pisang yang berkualitas baik, memotong pisang dari tangkainya yang benar, merendam pisang dalam air untuk mengurangi kadar getah, cara memasah pisang menjadi tipis-tipis sampai pada teknik penggorengan yang benar dimana kondisi api harus benar-benar panas dan jumlah minyak yang banyak. Narasumber juga menekankan untuk tidak menggunakan bahan-bahan pengawet, pewarna maupun kimia pada bahan baku. Karena kalau teknik-teknik tersebut diabaikan akan berpengaruh pada kualitas produk yang dihasilkan.
Tindak lanjut setelah pelatihan ini, diharapkan minat dan motivasi masyarakat untuk berwirausaha akan tumbuh khususnya dalam industri rumah tangga. Penyuluh KB mengarahkan masyarakat untuk membentuk kelompok UPPKS yang salah satu usahanya adalah memproduksi keripik pisang sesuai ilmu yang telah diperoleh dalam pelatihan ini. Sehingga apa yang diperoleh peserta dalam pelatihan ini tidak sia-sia sekaligus dapat menambah ekonomi keluarga.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada