Pemantauan Tumbuh Kembang Anak dengan Kartu Kembang Anak (KKA)

Desa Plabuhan
Dipublikasi pada 08 March 2019

Deskripsi

Kartu Kembang Anak (KKA) atau lembar perkembangan bayi balita merupakan alat sederhana untuk deteksi dini penyimpangan atau gangguan perkembangan anak. Alat ini perlu disosialisasikan agar pemanfaatannya oleh masyarakat umum yang langsung berhubungan secara dekat dengan anak bisa lebih baik, sehingga pemantauan tumbuh kembang anak dapat dilaksanakan secara optimal dan diharapkan dapat menunjang keberhasilan masa depan anak dan kebahagiaan keluarga.

Penyuluh KB Desa Plabuhan mendampingi Kader BKB melakukan pemantauan tumbuh kembang anak di Kelompok BKB Sri Tanjung IV. Kader BKB melakukan pemantauan tumbuh kembang anak bersama Ibu Balita atau Keluarga Balita.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama ibu-ibu yang memiliki bayi atau balita dan kader Posyandu mengenai perkembangan anak yang normal, meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama ibu-ibu dan kader Posyandu mengenai gangguan atau penyimpangan perkembangan pada anak, serta memotivasi ibu balita untuk memanfaatkan KKA atau lembar perkembangan bayi balita secara mandiri dan berkesinambungan.

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan