Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi

Desa Plabuhan
Dipublikasi pada 02 May 2019

Deskripsi

Salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan para peternak adalah persoalan kesediaan pangan. Biasanya kebutuhan pakan ternak meningkat saat memasuki musim kemarau atau musim kering, khususnya pada daerah-daerah pegunungan, dataran tinggi dan daerah yang sumber airnya terbatas.
Adanya inovasi pembuatan pakan fermentasi telah mempermudah para peternak untuk menyediakan pakan. Pakan fermentasi adalah pakan ternak hasil dari proses pemecahan senyawa organik dengan bantuan mikroorganisme diubah menjadi senyawa sederhana.
Kelebihan pakan ternak fermentasi antara lain dapat memperbaiki sistem pencernaan ternak, bobot ternak cepat bertambah secara alami, gemuk, dan sehat; untuk kotoran, jika diberi asupan pakan fermentasi dapat mengurangi baunya serta volumenya lebih sedikit serta bisa digunakan sebagai pupuk kandang/biogas alami.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh 20 orang anggota Kelompok Ternak di Kampung KB dengan dibimbing oleh Penyuluh Peternakan Kecamatan Plandaan. Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan pakan ternak fermentasi yakni: Jerami kering, Batang atau daun daun jagung, Bekatul (dedak padi), Jagung giling, Tetes/Molase, EM-4, dan Air.
Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan