Pengiriman Sampel Daun Kelor Kering Dusun Sumberpelas untuk Uji Kandungan Gizi

Desa Plabuhan
Dipublikasi pada 03 July 2019

Deskripsi

Kelor merupakan tanaman yang memiliki adaptasi luas dan tersebar di hampir sebagian wilayah tropis termasuk di Wilayah Kampung KB Sumberpelas Desa Plabuhan. Tanaman ini unik karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan asam amino lengkap dan seimbang yang jarang ditemukan pada kebanyakan tanaman. Disamping itu, tanaman kelor juga mengandung senyawa antioksidan sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit selain untuk tujuan industri. Saat ini tanaman kelor digunakan untuk mengatasi masalah mal nutrisi sehingga tanaman kelor sering disebut sebagai tanaman kehidupan.

Tanaman kelor di wilayah Kampung KB Sumberpelas Desa Plabuhan sudah dikenal masyarakat sejak dulu. Masyarakat memanfaatkannya sebagai sayuran maupun dimanfaatkan sebagai sumber pakan ternak. Sejak adanya Kampung KB, masyarakat mengolah Daun Kelor menjadi sediaan Kelor Kering atau dikenal dengan teh kelor serta Keripik Daun Kelor.

Meskipun sudah beberapa waktu di produksi dan di pasarkan, potensi dan nilai nutrisi Sediaan Daun kelor kering di Sumberpelas belum pernah dikaji sehingga informasi menyangkut hal tersebut belum tersedia.

Pemerintah Desa Plabuhan bekerjasama dengan Universitas Airlangga melakukan uji Sampel Daun Kelor Kering Dusun Sumberpelas untuk mengetahui kandungan nilai nutrisi daun kelor kering di Wilayah Kampung KB Sumberpelas. Pengiriman uji sampel daun kelor kering dibantu oleh Dosen Universitas Darul Ulum Jombang sebagai salah satu mitra pembina Kampung KB Sumberpelas.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada