Penyuluhan tentang Stunting di Kelompok BKB

Desa Plabuhan
Dipublikasi pada 05 April 2018

Deskripsi

Kegiatan Penyuluhan di Kelompok BKB Sri Tanjung IV Dusun Sumberpelas Desa Plabuhan Bulan April diisi dengan penyuluhan tentang Stunting oleh Penyuluh KB Desa Plabuhan. Jumlah peserta penyuluhan terdiri dari Ibu Balita dan Keluarga Balita dengan jumlah 12 peserta.

Dalam Penyuluhan di sampaikan tentang Stunting yang merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan sehingga anak terlalu pendek untuk usianya dan otak tidak berkembang dengan baik.

BKKBN ikut mengambil bagian dalam penanggulangan stunting melalui sejumlah program diantaranya Program 1000 hari pertama kelahiran yang terkait dengan program Bina Keluarga Balita (BKB). Kelompok BKB diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan orangtua dan keluarga yang mempunyai balita mengenai pola asuh yang benar.

Kedua, Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) pada Program Generasi Berencana (GenRe). Semakin muda usia perkawinan semakin besar resiko melahirkan bayi stunting. Menunda usia perkawinan dapat memberikan kesempatan pada calon ibu untuk menyiapkan dirinya secara fisik dan psikologis.

Program ketiga adalah Pengendalian Pertumbuhan Penduduk melalui Program KB. Semakin besar jumlah penduduk, maka semakin rentan mengalami krisis perkembangan sumberdaya manusianya. BKKBN berupaya memberikan pelayanan KB mudah untuk semua keluarga.

Diharapkan setelah penyuluhan, dapat mencegah adanya bayi stunting di wilayah Kampung KB.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada